Jaringan Telkomsel Terganggu, Begini Cara Mengetahui Sebab Internet Lelet

Koneksi internet Telkomsel di Jabodetabek hingga Jawa Barat dan Jawa Tengah sempat mengalami gangguan.
Duwi Setiya Ariyanti | 28 Februari 2018 09:32 WIB
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Perkebunan Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/9). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA—Gangguan jaringan yang menyebabkan koneksi internet lamban, kerap kali terjadi. Berikut tips untuk mengecek penyebab internet lelet.

Mengalami gangguan saat menggunakan internet bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Seperti yang terjadi semalam ketika tiba-tiba koneksi internet para pelanggan Telkomsel terganggu.

Dikutip dari laman resmi Telkomsel, Rabu (28/2/2018), terdapat beberapa cara yang untuk memastikan jaringan internet pada ponsel.

Pertama, pastikan Anda memiliki kuota sehingga Anda bisa terhubung ke jaringan. Untuk melakukan pengecekan, para pelanggan bisa menghubungi *888#. Bila masih memungkinkan terhubung ke internet, bisa juga mengakses aplikasi MyTelkomsel, laman resmi, asisten virtual yang tersedia di aplikasi Line.

Kedua, lakukan pengaturan jaringan di ponsel. Pilih mode jaringan WCDMA untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android atau Windows Phone. Sementara, pilihan 3G untuk sistem operasi iOS. Pengaturan juga bisa dilakukan dengan pemilihan jaringan secara manual pada Android dan setel ulang jaringan pada iOS.

Ketiga, cobalah berpindah ke lokasi lain. Bila gangguan jaringan terjadi ketika Anda berada di dalam gedung, cobalah beralih ke luar gedung yang mungkin memungkinkan akses ke internet lebih mudah.

Terakhir, bila masalah koneksi internet lamban masih berlanjut setelah melakukan upaya-upaya itu, bisa terhubung ke sejumlah saluran pelayanan pelanggan seperti melalui akun Twitter dan Facebook.

Atas gangguan yang terjadi semalam, GM Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan gangguan memang terjadi di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa semalam. Adapun, koneksi internet beberapa daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) hingga Jawa Barat dan Jawa Tengah sempat mengalami gangguan.

Adapun, alasannya karena Telkomsel tengah melakukan upgrade jaringan sehingga para pelanggan hanya bisa melakukan panggilan telepon dan pengiriman pesan singkat, SMS untuk sementara.

"Terjadi gangguan layanan data khususnya di wilayah Jabotabek, Jabar dan Jateng, sehubungan dengan sedang dilaksanakannya upgrade jaringan," ujarnya dalam keterangan resmi.

Sebelumnya, gangguan pernah terjadi tahun lalu karena putusnya sambungan serat optik di Riau dan gangguan koneksi Surabaya-Kalimantan-Batam karena tersambar petir. Akibatnya, hampir seluruh jaringan terganggu mencakup wilayah Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Papua.

Tag : seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top