Bebas Nongkrong di Ruang Komunal Indonesia Milik Facebook

Ruang Komunal Indonesia dilengkapi beberapa fasilitas seperti ruangan beserta sofa, meja, kursi, jaringan internet, serta dapur yang berisi makanan ringan serta minuman.
Dhiany Nadya Utami | 24 Mei 2018 13:10 WIB
Salah satu sudut Ruang Komunal Indonesia yang disediakan Facebook untuk komunitas di Indonesia - Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, JAKARTA — Facebook pada Rabu (23/5/2018) meresmikan pembukaan Ruang Komunal Indonesia, ruang komunitas milik Facebook yang pertama di dunia.

Director of Policy Programs Facebook Clair Deevy mengatakan selama beberapa tahun belakangan Facebook telah bekerja sama dengan berbagai organisasi dan komunitas di Indonesia sehingga Facebook merasa perlu untuk menyediakan ruang untuk mendukung aktifitas para pegiat komunitas.

“Kami ingin mendukung mereka secara offline, membuat sebuah tempat bagi komunitas untuk berbagi cerita, menciptakan konten positif, dan belajar hal baru dari komunitas lain,” kata Deevy saat acara peresmian di Jakarta, Selasa (23/5/2018).

Deevy menjelaskan Ruang Komunal Indonesia dilengkapi beberapa fasilitas seperti ruangan beserta sofa, meja, kursi, jaringan internet, serta dapur yang berisi makanan ringan serta minuman.

Sarana ini tersedia secara gratis untuk semua komunitas lokal termasuk organisasi nirlaba, startup, para ahli, dan lainnya. Para komunitas hanya perlu mendaftar via situs yang disediakan Facebook dan mengisi beberapa data untuk dapat menggunakan Ruang Komunal Indonesia.

“Semua komunitas boleh bergabung, bahkan mereka yang tidak memiliki akun Facebook,” seloroh Deevy.

Mengenai rencana untuk membangun sarana serupa di kota lain, Deevy mengatakan sejauh ini belum ada wacana dari pihak Facebook. Namun, jika Ruang Komunal Indonesia di Jakarta berjalan dengan baik tidak menutup kemungkinan akan dibangun pula di tempat lain.

(kiri ke kanan) perwakilan komunitas 501st Garuda Garrison Indonesia Aria Ghana, Director of Policy Programs Facebook Clair Deevy, dan  Co-Founder SabangMerauke Tidar Rachmadi berfoto bersama usai peresmian Ruang Komunal Indonesia.
 

Co-Founder SabangMerauke Tidar Rachmadi sebagai salah satu komunitas yang turut bergabung dalam acara peresmian tersebut menilai adanya sarana tempat berkumpul dapat membantu komunitas berkembang lebih masif.  

Pun, dia berharap antarkomunitas yang bertemu baik di Ruang Komunal Indonesia maupun bertemu lewat Facebook Pages dapat saling mendukung satu sama lain.

“Jadi dukungan itu ada baik secara online maupun offline,” katanya.

Senada dengan Tidar, perwakilan komunitas 501st Garuda Garrison Indonesia Aria Ghana mengapresiasi adanya Ruang Komunal Indonesia. Menurutnya kini ada pilihan baru untuk komunitas untuk dapat berkumpul di ruang nyata.

Tag : facebook
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top