Tol Pejagan—Pemalang Seksi 3 & 4 Bisa Dilalui mulai H-10 Lebaran

Jalan tol PejaganPemalang seksi 3 atau Brebes TimurTegal sepanjang 10,40 kilometer dan seksi 4 ruas TegalPemalang sepanjang 26,9 kilometer akan dibuka untuk pengguna jalan mulai H-10 Lebaran.
Irene Agustine | 24 Mei 2018 13:58 WIB
Jalan tol PajaganPemalang seksi 3 dan 4 siap difungsikan mulai H-10 Lebaran pada pertengahan Juni 2018. - Irene Agustine

Bisnis.com, SLAWI — Jalan tol Pejagan—Pemalang seksi 3 atau Brebes Timur—Tegal sepanjang 10,40 kilometer dan seksi 4 ruas Tegal—Pemalang sepanjang 26,9 kilometer akan dibuka untuk pengguna jalan mulai H-10 Lebaran.

Kepala Cabang Operasional PT Pejagan Pemalang Toll Road Ian Dwinanto menyatakan bahwa status pemberlakuan kedua seksi tol tersebut nantinya masih bersifat fungsional sehingga pengguna jalan tidak akan dipungut biaya.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa konstruksi kedua ruas tersebut sudah masuk tahap akhir dan tengah menunggu tindak lanjut atas evaluasi laik operasi yang tengah dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol.

“Kami menunggu proses untuk mendapatkan SLO [surat laik operasi] sehingga sampai Lebaran nanti ruas ini masih berstatus fungsional, dilewati secara gratis," kata Ian saat peninjauan proyek seksi 3 dan 4 jalan tol Pejagan—Pemalang, Kamis (24/5/2018).

Karena bersifat fungsional, ruas tersebut nantinya baru akan beroperasi satu jalur dengan kapasitas empat lajur. Arus kendaraan akan difungsikan sesuai dengan arus mudik dan balik.

Untuk menempuh ruas tol tersebut dari arah Jakarta, pengguna jalan bisa melewati gerbang tol (GT) Brebes Timur atau GT Kertasari sebelum menjajal ruas tol secara gratis tersebut.

Terdapat 12 gardu di GT Kertasari  untuk melayani pembayaran pengguna jalan. Adapun, GT Kertasari dioperasikan darurat karena GT Gandula belum siap sepenuhnya pada H-10 Lebaran.

Berdasarkan pengamatan Bisnis di lapangan, ruas tol tersebut sudah teraspal seluruhnya, memiliki banyak lampu penerangan jalan, serta sudah dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas beserta penunjuk arah. Namun, pembangunan area istirahat di ruas ini masih belum rampung. Nantinya, ruas tol ini akan dilengkapi dengan dua area istirahat bertipe A dan B.

Area istirahat tipe A akan dilengkapi dengan musala, toilet, tempat penjual makanan, dan SPBU, sedangkan tipe B berukuran lebih kecil dan tidak dilengkapi dengan tempat pengisian bahan bakar.

Kedua area istirahat tersebut nantinya menyediakan layanan isi ulang (top-up) atau pembelian kartu elektronik sebagai alternatif apabila pengguna jalan kelupaan untuk mengisi saldo kartu tol elektronik.

Dengan mulai dioperasikannya jalan to Pejagan—Pemalang seksi 3 dan 4, pemudik dari Jakarta menuju ke Jawa Tengah dapat melalui jalur tol mulai Cikampek lalu Cikopo—Palimanan dan berlanjut ke Pejagan dan Brebes Timur dengan pilihan keluar di Tegal dan Pemalang.

Pengguna jalan juga memiliki pilihan untuk melanjutkan perjalanan menuju Batang dengan status ruas masih fungsional.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top