Pelni Antarkan Balik Pemudik Gratis dari Tanjungpinang ke Natuna

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) memberangkatkan 150 pemudik gratis dari Tanjungpinang menuju Natuna, Kepulauan Riau, menggunakan KM Bukit Raya dalam arus balik Lebaran 2018.
Newswire | 28 Juni 2018 16:56 WIB
Ribuan pemudik terlihat memadati anjungan kapal milik PT Pelni KM Gunung Dempo yang tiba di Pelabuhan Ambon, Maluku, Senin (11/6). - Antara

Bisnis.com, BATAM: PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) memberangkatkan 150 pemudik gratis dari Tanjungpinang menuju Natuna, Kepulauan Riau, menggunakan KM Bukit Raya dalam arus balik Lebaran 2018.

Manajer PR dan CSR Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Akhmad Sujadi mengatakan pemberangkatan 150 pemudik itu merupakan bagian dari program Mudik Bareng BUMN yang digagas Kementerian BUMN dengan melibatkan 62 BUMN.

Meskipun telah lewat H-10 Lebaran, dia menjelaskan arus balik pelayaran dari dan ke berbagai daerah tetap ramai karena libur sekolah masih berlangsung.

“Selain itu, banyak pemudik yang ingin ikut menjadi pemilih dalam Pilkada di kampung halaman sehingga pulang ke perantauan setelah pelaksanaan pilkada,” katanya melalui pesan aplikasi di Batam, Kamis (28/6/2018).

Kepala Cabang Tanjungpinang Kamaru Zaman menambahkan pihaknya mendapat amanah dari kantor pusat untuk menyalurkan 150 tiket gratis untuk penumpang tujuan Natuna.

“Kami mendapatkan tugas dari pusat untuk menyelenggarakan Mudik Bareng BUMN dari Tanjungpinang ke Natuna. Kami telah membuka pendaftaran sejak 3 hari sebelumnya,” ujarnya dalam siaran pers.

Mudik bareng menuju Natuna itu menggunakan KM Bukit Raya melalui Pelabuhan Kijang. “Bagi yang mendapatkan tiket gartis dari Pelni, kami atas nama manajemen mengucapkan selamat. Semoga berkah bagi para peserta,” kata dia.

Corporate Secretary Pelni Ridwan Mandaliko mengatakan pada Mudik Bareng BUMN 2018, 62 BUMN menyediakan 202.600 tiket gratis dengan berbagai moda. Moda darat dengan bus dan kereta api. Moda udara dengan pesawat dan moda laut dengan angkutan penyeberangan dan kapal laut Pelni.

Untuk mudik dengan moda laut, 23 BUMN bersinergi dengan PT Pelni untuk melayani pemudik dengan menyiapkan sebanyak 24.512 tiket gartis dari dan ke berbagai daerah di Indonesia. Pelaksanaan Mudik Bareng BUMN dengan kapal Pelni sudah dimulai sejak tanggal 3 Juni 2018.

Tiket gratis yang disediakan tidak hanya untuk pergi. ia mencatat terdapat 10 BUMN yang juga menyediakan tiket arus balik dengan bus, kereta api dan kapal Pelni.

“Bank Mandiri, dari Makasar ke Labuan Bajo berangkat Kamis [21/6/2018], Pertamina dari Makasar ke Balikpapan sebanyak 341 tiket pada Jumat [22/6/2018], Semen Indonesia dari Semarang ke Kumai dan Semarang ke Banjarmasin pada Senin [25/6/2018]. Pelni pada Kamis [28/6/2018] dari Tanjung Pinang ke Natuna,” paparnya.

Selain itu, Pelni juga memberangkatkan pemudik dari Kupang ke Saumlaki sebanyak 250 orang. Dari Ternate, Maluku Utara sebanyak 150 orang ke beberapa pulau, Surabaya-Masa Lembo, 250 orang, Bengkulu-Enggano 100 orang, Sunda Kelapa ke Pulau Kelapa 100 orang, Tanjung Priok-Maumere 30 orang, dan Tanjungpinang-Natuna 150 orang.

“Kami hari ini memberangkat pemudik dari Tanjung Pinang ke Natuna 150 orang. Ini merupakan bentuk kepedulian Pelni kepada warga meskipun masih terbatas. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi,” kata dia.

Sumber: Antara

Tag : pelni
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top