Makassar New Port Rampung, Ini Rencana Pelindo IV

PT Pelindo IV (Persero) berencana memindahkan terminal kendaraan dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar ke Pelabuhan Makassar New Port di tahap awal operasi pelabuhan tersebut.
Rivki Maulana | 02 Juli 2018 15:08 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelindo IV (Persero) berencana memindahkan terminal kendaraan dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar ke Pelabuhan Makassar New Port di tahap awal operasi pelabuhan tersebut.

Perseroan juga berniat mengubah fungsi terminal peti kemas eksisting menjadi terminal setelah proses operasional MNP dimulai pada 2019 mendatang.

Corporate Secretary Pelindo IV Iwan Sjarifuddin mengatakan kapasitas terminal kendaraan di MNP mencapai tiga kali lipat dari kapasitas eksisting yang ada di Pangkalan Soekarno Hatta, Pelabuhan Makassar.

Dia menambahkan, operasional terminal kendaraan tidak membutuhkan peralatan yang kompleks sehingga diutamakan untuk dipindahkan paling awal.

"Step by step kami akan pindahkan ke MNP. Setelah terminal kendaraan, kami juga akan pindahkan terminal peti kemas [dari lokasi eksisting]," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (2/7/2018).

Iwan menerangkan, proses pemindahan terminal peti kemas ke MNP masih menunggu pemasangan peralatan. Adapun, pembangunan tahap IA MNP diharapkan rampung pada Oktober 2018. Di tahap itu, MNP akan memiliki dermaga sepanjang 1.000 meter dan lapangan penumpukan peti kemas berkapasitas 1,5 juta TEUs (twenty foot equivalent unit).

Pembangunan paket IA MNP mencakup reklamasi untuk dermaga, jalan akses, dan lapangan penumpukan peti kemas. Pelindo IV menggelontorkan investasi di paket IA sebanyak Rp3,26 triliun. Iwan menyebut, pendanaan untuk pembangunan MNP sebagian berasal dari dana obligasi. Total obligasi yang diterbitkan Pelindo IV mencapai Rp3 triliun dan sebanyak 35% atau Rp1,05 triliun dari jumlah tersebut digunakan untuk membiayai proyek MNP.

Menurut Iwan, pengerjaaan tahap IB dan IC MNP juga masih berlangsung dan diharapkan selesai pada 2019. Pada tahap IB, Pelindo IV akan melakukan reklamasi untuk lapangan penumpukan. Di samping itu pembangunan juga mencakup pekerjaan soil replacement area causeway, pekerjaan revetment, dan pengecoran saluran precast. Sementara itu tahap IC mencakup pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter.

Setelah operasional terminal peti kemas dan terminal kendaraan berpindah ke MNP, Pelindo IV akan menjadikan eks-terminal peti kemas di Pelabuhan Makassar sebagai terminal khusus curah.

Saat ini, dengan panjang dermaga 850 meter, kapal curah hanya mendapat jatah sandar dermaga sepanjang 350 meter. "Dengan panjang dermaga 850 meter seluruhnya untuk curah, sudah bisa disandari tiga kapal sekaligus," jelas Iwan.

Pelindo IV juga tengah mengkaji untuk menambah peralatan bongkar muat curah agar proses bongkar muat lebih optimal. Saat ini, bongkar muat barang curah dilayani dua derek tipe harbour mobile crane (HMC). Namun, Iwan menyebutkan, perseroan juga punya opsi memodifikasi derek yang ada untuk bongkar muat curah dengan menambahkan grab crane.

Tag : pelabuhan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top