Pembukaan Asian Games, 41.000 Pelanggan Telkomsel Topang Kenaikan Trafik Data

Aktivitas yang dilakukan 41.000 pelanggan Telkomsel menopang kenaikan trafik data selama acara Pembukaan Asian Games, Sabtu (18/8/2018).
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 21 Agustus 2018  |  14:36 WIB
Telkomsel - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas yang dilakukan 41.000 pelanggan Telkomsel menopang kenaikan trafik data selama acara Pembukaan Asian Games, Sabtu (18/8/2018).

Dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (21/8/2018), VP Next Generation Network Telkomsel, Ivan C Pemana mengatakan, trafik data naik sebesar 338 GB per jamnya, atau 95 kali lipat dibandingkan trafik di hari normal.

Menurutnya, selain karena jumlah pelanggan yang terkonsentrasi di Stadion Gelora Bung Karno, kenaikan trafik disebabkan meningkatnya aktivitas pengunggahan foto atau video ke media sosial.

"Tercatat 41.000 pelanggan Telkomsel hadir di area GBK dan menjadi saksi semaraknya pesta yang menandakan dimulainya perhelatan olahraga Asian Games 2018. Tingginya peningkatan trafik layanan data salah satunya dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau momen kemeriahan seremoni pembukaan Asian Games 2018," ujarnya.

Adapun, dengan kenaikan trafik data itu, dia menyampaikan permohonan maaf bila masih terdapat kendala layanan.

Performa saat pembukaan akan menjadi catatan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada acara penutupan yakni 2 September 2018. Pasalnya, pada penutupan diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik data juga.

Untuk menjamin kenyamanan pelanggan, pihaknya telah mempersiapkan infrastruktur jaringan di Jakarta dan Palembang.

Sebanyak 1.000 base transceiver station (BTS) dan 15 BTS bergerak di kedua kota telah disiagakan untuk mengamankan jaringan di 175 titik prioritas utama.

Selain itu, pihaknya telah melakukan peningkatan ratusan BTS eksisting dan menghadirkan teknologi Time Division Duplexing (TDD) Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) agar mampu melayani konsumen di kondisi trafik tinggi.

"Mohon maaf apabila masih terdapat kendala saat pelanggan menikmati layanan kami. Data dan pengalaman yang terkumpul pada momen pembukaan Asian Games ini akan kami gunakan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan selama perhelatan akbar ini, termasuk saat pesta penutupan pada tanggal 2 September 2018."

Tag : asian games 2018
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top