Pegawai KKP Galang Bantuan, Besok Menteri Susi Salat Iduladha Bersama Korban Gempa Lombok

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggalang bantuan untuk para korban Gempa Lombok yang rencananya akan diserahkan pada perayaan Iduladha 2018.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 21 Agustus 2018  |  14:51 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dua dari kanan) dan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP)./JIBI/BISNIS - Juli Etha Malau

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggalang bantuan untuk para korban Gempa Lombok yang rencananya akan diserahkan pada perayaan Iduladha 2018.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut bantuan terkumpul berupa uang senilai Rp396,614 juta tersebut merupakan sumbangsih dari pribadi para karyawan  di lingkungan KKP dan bukan dari lembaga yang dia naungi tersebut.

"Kepedulian KKP, bukan sebagai lembaga tetapi sebagai pribadi-pribadi. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh eselon I dan jajarannya yang telah menyosialisasikan untuk membangun dompet dan bantuan untuk Lombok " katanya, Selasa (21/8/2018).

Kendati jumlahnya masih jauh dari kebutuhan masyarakat Lombok yang terdampak bencana, Susi berharap bantuan ini bisa membantu meringankan beban korban. 

Adapun jumlah uang tunai yang akan diserahkan kepada korban terdampak akan berjumlah Rp300 juta. Sementara sisanya akan diberikan dalam bentuk barang.

Uang senilai Rp60,8 juta digunakan untuk membeli dan biaya kirim 20 ekor kambing kurban yang akan disembelih bersama pada hari raya kurban besok, Rabu (22/8/2018).  Sedangkan, Rp1,214 juta akan digunakan untuk perawatan dan pemotongan hewan kurban.

Uang senilai Rp22,600 juta digunakan untuk membeli 300 lembar selimut, dan Rp12 juta untuk mobilisasi hewan kurban pengeoakan barang, membeli beras untuk dapur umum di Tukad Bendu dan biaya lainnya.

Sementata itu, total sumbangan yang akan diberikan dalam bentuk barang meliputi 60 lembar teroal, 11 dus pakaian layak pakai, 525 lembar selimut, 45 lembar mukena, 20 lembar kerudung, 3 ekor sapi, dan 21 ekor kambing.

Rencananya, besok Menteri Susi akan melakukan salat Iduladha bersama para korban terdampak gempa sekaligus melakukan pemotongan kurban.

Besok kita akan melaksanakan sembahyang Iduladha bersama dan memotong kurban bersama di Kaki Gunung Sembalun. Jadi, ini dari pribadi-pribadi," tambahnya.

Selain bantuan di atas, Susi mengatakan pihaknya juga tengah mengupayakan bantuan lain berupa 100 galon air.

 

Tag : gempa lombok
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top