Kompetisi Kewirausahaan: Ingin Jadi Wirausahawan Sukses? Ikuti DCS Berhadiah Hibah Modal Rp2 Miliar

Diplomat Success Challenge Ke-9 masih membuka kesempatan kepada generasi muda yang ingin berkompetisi dalam ajang pencarian wirausahawan andal. Pendaftaran berlangsung hingga 1 Oktober 2018 mendatang.
Ema Sukarelawanto | 07 September 2018 10:15 WIB
Poster DSC - diplomatsukses.com

Bisnis.com, DENPASAR—Diplomat Success Challenge Ke-9 masih membuka kesempatan kepada generasi muda yang ingin berkompetisi dalam ajang pencarian wirausahawan andal. Pendaftaran berlangsung hingga 1 Oktober 2018 mendatang.

Diplomat Success Challenge (DSC) merupakan program kompetisi kewirausahaan yang memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha. Pemenang akan memperoleh hibah modal usaha, edukasi, dan pendampingan.

Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Helmy Yahya yang menjadi salah satu juri Diplomat Success Challenge (DCS) mengatakan tidak mudah bagi para calon wirausahawan memulai usaha tanpa melalui proses kegagalan.  

Selain itu, di antara ribuan pemula dan perintis, tidak lebih 5% yang berhasil menjadi wirausahawan sukses.

“Karena itu, ide saja tidak cukup, perlu bekal ilmu, serta pengalaman praktis,“ katanya, dikutip dari rilis, Jumat (7/9/2018).

Pemenang kompetisi akan mendapatkan total hibah modal usaha senilai Rp2 miliar setelah lolos sejumlah tahapan seleksi. 

Juri akan menyeleksi peserta melalui tantangan (market challenge) untuk menguji penguasaan aspek strategi dan operasional bisnis (Paham), solusi teknis dan inovasi (Piawai), juga kepribadian sebagai pengusaha tangguh (Persona). 

Kata Helmy nilai tambah dari DSC adalah para pemenang akan dikawal dan dibimbing oleh Dewan Komisioner – yang beranggotakan empat orang, mulai dari inspirasi bisnis, perencanaan, kurasi, hingga evaluasi bisnis.  

Itu sebabnya peserta dalam kompetisi ini bervariasi, ada yang baru mulai menjalankan usaha, ada juga yang memerlukan hibah modal usaha untuk pengembangan usahanya.  

Yang pasti, DSC sangat menghargai ide-ide otentik, sehingga ide harus genuine, dan  harus memberi manfaat. 

“Banyak juga mereka yang menjadi socio-preneur akhirnya mampu menciptakan lapangan kerja,“ kata Helmy.

Dia menembahkan DSC bukan hanya kompetisi, melainkan juga jejaring. Para pemenang dari tahun ke tahun, yang terhimpun dalam Diplomat Entrepreneur Network (DEN), bisa saling berkomuninasi. 

Bahkan mereka pun bisa berkonsultasi dengan Dekom. “Kami masih sering intensif berkomunikasi, juga membimbing mereka untuk pengembangan bisnisnya. Kami bahkan kerap mengadakan pertemuan berkala saling mendukung usaha satu sama lain,“ katanya.

Doni Arya, perwakilan PT Wismilak Inti Makmur TBK mengatakan kompetisi yang kesembilan ini dalam rangka menjaring wirausaha muda sesuai kebijakan pemerintah menumbuhkan 20.000 wirausaha baru hingga akhir tahun 2019.

“Wismilak konsisten untuk menyediakan bantuan modal kerja bagi para pemenang DSC agar dapat segera mewujudkan ide bisnisnya,” ujarnya.

Doni menambahkan, kompetisi kali ini dibuat lebih mudah. Calon peserta dapat mengunduh aplikasi di ponsel pintar untuk kemudian melakukan pendaftaran, tidak perlu usahanya tengah berjalan cukup memiliki ide yang dituangkan dalam proposal bisnis. Pendaftaran dibuka sejak Agustus lalu hingga 1 Oktober 2018.

Anda tertarik? Silakan dapatkan informasi lengkapnya di sini

Tag : wirausaha
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top