Dampak Tarif AS, Harga Produk Apple Siap-Siap Naik

Sejumlah besar produk keluaran Apple Inc (AAPL.O), termasuk Apple Watch, akan terpengaruh oleh tarif yang diusulkan Amerika Serikat untuk barang-barang China.
Nirmala Aninda | 08 September 2018 10:14 WIB
Airpod - www.apple.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah besar produk keluaran Apple Inc (AAPL.O), termasuk Apple Watch, akan terpengaruh oleh tarif yang diusulkan Amerika Serikat untuk barang-barang China. Namun dalam penyampaian pendapat kepada Kementerian Perdagangan Apple tidak menyebutkan iPhone sabagai salah satu produk yang akan terdampak.

Dilansir melalui Reuters, Apple tidak mengungkapkan pendapatan spesifik untuk sebagian besar produk yang terpengaruh, tetapi Apple Watch saat ini kemungkinan adalah produk dengan penjualan terbesar.

Firma analis Bernstein melaporkan produk Apple Watch mengkontribusikan sekitar US$6,1 miliar dalam pendapatan tahun lalu dari keseluruhan penjualan Apple senilai US$229 miliar.

Melalui surat terbuka kepada Kementerian Perdagangan AS, Apple menjabarkan dampak tarif pada produk asal China dengan estimasi nilai US$200 miliar terhadap produknya yang hampir sebagian besar menggunakan bahan impor dari China.

Presiden AS Donald Trump mengatakan melalui siaran dari pesawat Air Force One pada Jumat (7/9/2018), dirinya telah mempersiapkan tarif tambahan untuk produk asal China senilai US$267 miliar dan kebijakan tersebut dapat dikeluarkan kapan saja dia mau.

Sejauh ini ponsel masih terbebas dari tarif, namun jika Trump mengaktifkan kebijakan tarif tambahan maka produk impor terbesar AS dari China tersebut akan terdampak kenaikan harga.

AirPods, sejumlah produk Apple Beats, dan speaker pintar HomePods yang baru dirilis dikabarkan terdampak penerapan tarif US$200 miliar yang dikenakan kepada produk asal China.

"Kekhawatiran kami terkait penerapN tarif ini adalah bahwa AS akan terdampak paling parah dan akan mengakibatkan pertumbuhan dan daya saing AS yang lebih rendah serta harga yang lebih tinggi untuk konsumen AS," kata Apple dalam surat yang diterbitkan pada Rabu (5/9/2018).

Surat itu tidak menyebutkan iPhone, yang menyumbang sekitar dua pertiga dari $229 miliar pendapatan Apple dalam tahun fiskal terbaru.

Apple juga tidak menyebutkan iPad, yang menghasilkan $19,2 miliar dalam penjualan pada tahun terakhir, atau sebagian besar komputer Mac-nya, yang menghasilkan $25,8 miliar.

Apple mengatakan MacMini, komputer murah yang datang tanpa keyboard atau mouse, akan terpengaruh peneran tarif impor.

Sejumlah aksesori Apple, seperti mouse, keyboard, pengisi daya dan bahkan penutup kulit untuk iPhone dan iPad juga terdampak tarif yang dikeluarkan oleh pemerintahan Donald Trump.

Sebelumnya Reuters telahmelaporkan pada bulan Juli bahwa Apple Watch kemungkinan akan terpengaruh oleh tarif.

Saham Apple ditutup turun 0,8% dalam perdagangan Nasdaq reguler pada hari Jumat, dan tergelincir lagi 1% dalam extended trading.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa komponen komputer yang di jual di AS, "main logic boards dengan unit mikroprosesing" serta peralatan yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan kemungkinan akan terkena dampak tarif.

Tag : apple inc
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top