Ini Sejumlah Fakta Menarik dari Festival Belanja Online JD.ID

Beberapa hal menarik menjadi indikasi tren belanja konsumen di Indonesia terlihat cukup kuat, terutama dengan pertumbuhan jumlah pesanan mencapai 845% dari program serupa tahun sebelumnya, serta  pertumbuhan traffic di JDID mencapai 352%.
Fajar Sidik
Fajar Sidik - Bisnis.com 16 November 2018  |  14:12 WIB
Pekerja menyortir barang yang akan dikirim ke pelanggan di gudang processing center JD Logistics di Beijing, China. (Fajar Sidik - Bisnis).

Bisnis.com, JAKARTA - JD.ID sebuah perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan perusahaan Internet terbesar ke-3 di dunia JD.com, menutup rangkaian pesta belanja online bertajuk  ‘Amazing 11.11’ dengan hasil yang mencengangkan.

Beberapa hal menarik menjadi indikasi tren belanja konsumen di Indonesia terlihat cukup kuat, terutama dengan pertumbuhan jumlah pesanan mencapai 845% dari program serupa tahun sebelumnya, serta  pertumbuhan traffic di JDID mencapai 352%.

Temuan lainnya, penjualan gross merchandise volume (GMV) harian pada momen festival belanja 11.11, sama dengan GMV semester pertama tahun 2017. Selain itu, dalam waktu kurang dari 11 hari, jumlah popok yang terjual dapat memenuhi kebutuhan 300.000 anak, serta penjualan harian dan persentase pertumbuhan kuantitas pada kategori personal care hampir mencapai 1.000% selama periode road to Amazing 11.11

Pencapaian lainnya, peningkatan angka effective order pada kategori marketplace mencapai 1.763%, dan peningkatan effective order pada setiap kategori marketplace mencapai 500%-1.000% dibandingkan dengan festival tahun lalu.

Merespons pencapaian tersebut, CEO JD.ID Zhang Li mengaku merasa bangga dengan pencapaian pada Pesta Lajang 11.11 tahun ini, karena mendapat apresiasi dari para pelanggan serta mendapatkan dukungan yang sangat besar dari tim internal yang memungkinkan ini semua terjadi.

"Kami akan terus melayani para pelanggan lebih baik sambil menuju ke perayaan Harbolnas 12.12 mendatang," ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Jumat (16/11/2018).

Dari sisi kategori selama 9-11 November 2018, lima kategori teratas untuk produk yang dibeli adalah ponsel pintar, produk elektronik rumah tangga, laptop dan desktop, groceries dan kesehatan, serta produk ibu, bayi dan anak. Adapun kawasan Jabodetabek mencatatkan penjualan tertinggi dari seluruh Indonesia dan pukul 9 malam menjadi waktu belanja favorit para pelanggan.

Sementara secara keseluruhan, volume transaksi JD.com untuk ‘Singles Day Shopping Festival’ tahun ini mencapai rekor yakni 159,8 miliar Yuan atau sekitar Rp340 triliun, terhitung sejak awal festival berlangsung pada 1 November 2018, di mana JD.com juga membantu para pemilik toko fisik untuk ikut serta meramaikan. Pada 11.11 tahun lalu, JD.com mencatatkan penjualan sebesar Rp283,1 triliun.

JD.ID mengemban misi untuk memberikan pengalaman e-dagang terbaik bagi seluruh konsumen di Indonesia dan berkomitmen untuk menyediakan layanan dan akses yang cepat, nyaman dan andal ke berbagai pilihan dan ragam produk yang asli dengan harga yang sangat kompetitif.

Dengan memanfaatkan kepemilikan infrastruktur logistik dan jaringan kemitraan di seluruh wilayah Indonesia, JD.ID memberikan layanan pengantaran yang cepat dan dapat diandalkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Dengan segala keunggulan kompetitifnya, JD.ID bertujuan menjadi perusahaan e-dagang yang paling populer dan dipercaya dengan terus meningkatkan layanan dan penyediaan pilihan produk berserta ragam pilihan kepada seluruh pelanggan di Indonesia.

Tag : belanja online, e-commerce
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top