Begini Cara Lintasarta Dorong Smartcity di Kabupaten Badung Bali

PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) telah meresmikan Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura & Data Center di Kabupaten Badung Provinsi Bali untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan smartcity di seluruh Indonesia.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 17 November 2018  |  13:42 WIB
ICT Lintasarta - Istimewa
Bisnis.com,  JAKARTA--PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) telah meresmikan Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura & Data Center di Kabupaten Badung Provinsi Bali untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan smartcity di seluruh Indonesia.
 
Presiden Direktur (Presdir) Lintasarta, Arya Damar mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Badung untuk membangun BCC Kidung Mangupura dan Data Center, sehingga memudahkan Pemerintah Kabupaten menyelesaikan semua keluhan masyarakat. Selain itu, teknologi yang dibawa oleh Lintasarta juga dinilai dapat membuat proses administratif Pemerintah Kabupaten Badung lebih efektif dan cepat.
 
"Sebuah kehormatan bagi Lintasarta untuk dapat membantu mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Badung dalam melakukan pembangunan untuk tercapainya masyarakat yang maju dan sejahtera melalui pelayanan publik yang prima dan terdepan berbasiskan teknologi,” tuturnya, Sabtu (16/11).
 
Dia menjelaskan BCC dengan tagline Kidung Mangupura atau Komunikasi Informasi Badung merupakan  pusat pemantauan seluruh sensor dan  data-data dari aplikasi yang ada di perangkat daerah Kabupaten Badung yang terintegrasi dan ditampilkan dalam wall display BCC. 
 
Menurutnya, BCC tersebut dibangun di atas tanah dengan luas 5.184 meter persegi dengan bangunan tiga lantai. Beberapa data yang dapat ditampilkan BCC tersebut di antaranya adalah CCTV, video analitik, data pelayanan publik seperti perizinan, perpajakan, kependudukan dan data kinerja perangkat daerah Kabupaten Badung meliputi absen pegawai serta kinerja fisik dan keuangan perangkat daerah.
 
"Kami sebagai warga negara Indonesia merasa bangga dengan telah diresmikannya fasilitas command center dan data center di Kabupaten Badung," katanya.
 
Secara terpisah, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta optimistis melalui BCC yang dibangun bersama Lintasarta itu bisa membuat Kabupaten Badung jadi Kota Pintar. Menurutnya, dengan adanya command center, data center, dan wifi Gratis merupakan bukti nyata komitmen pemerintah kepada masyarakat Badung untuk memberikan pelayanantransparan, cepat, pasti dan murah, serta diharapkan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat yang efisien, terintegrasi dan berkesinambungan.
 
"Smart City Badung ini kontennya adalah Connecting, Controling dan Monitoring. Oleh karena itu, saat ini kami sudah bisa memantau segala sesuatunya melalui video wall yang ada di Command Center, dan juga Wifi Gratis di seluruh Kabupaten Badung,” ujarnya.
 
Tag : lintasarta
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top