Jokowi Tinjau Jalan Tol Trans Sumatra

Presiden Joko Widodo langsung meninjau proyek tol Trans Sumatra Bakauheni-Terbanggi Besar di Provinsi Lampung.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 23 November 2018  |  11:08 WIB
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek tol Trans Sumatra Bakauheni-Terbanggi Besar di Provinsi Lampung, Jumat (23/11 - 2018). (istimewa)

Bisnis.com, LAMPUNG - Presiden Joko Widodo langsung meninjau proyek tol Trans Sumatra Bakauheni-Terbanggi Besar di Provinsi Lampung.

Jokowi mengatakan jalan tol Bakaheuni-Terbanggi Besar merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatra yang akan menghubungkan Lampung dengan Palembang dengan panjang 350 km.

"Dan kita sekarang ini berada di ruas Bakaheuni- Terbanggi Besar sepanjang 148 km. Kita harapkan selesai Desember ini [2018]. [Jalan tol] sampai Palembang diselesaikan pertengahan 2019," katanya di sela-sela peninjauan Tol Trans Sumatra di Lampung, Jumat (23/11/2018).

Dengan adanya proyek jalan tol tersebut, dia mengharapkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing kawasan sekitar menjadi terpacu dan lebih baik. Tak hanya itu, Jokowi meyakini jalan tol ini akan diintegrasikan dengan kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus.

"Kalau kita lihat pembangunan tol kualitasnya, saya melihat baik. Kemudian persiapan tanahnya tidak hanya pas untuk jalan saja juga ada masih sisa nantinya dipake utility yang lain misalnya kereta api cepat atau agak cepat," tambahnya.

Sebagai informasi, Bakauheni-Terbanggi Besar dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). Ruas tol ini memiliki panjang 140,7 km dengan investasi Rp 16,79 triliun. Pengerjaannya dibagi dalam 4 seksi ini progres pengerjaannya sudah mencapai 95,81%.

Dari 4 seksi, hanya satu seksi yang sudah beroperasi yaitu ruas Bakauheni-Sidomulyo, sedangkan tiga seksi sisanya masih dalam konstruksi yaitu Sidomuoyo-Kotabaru, Kotabaru-Metro, dan Metro-Terbanggi Besar.

Dalam peninjauan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Lampung Muhammad Ridho.

Tag : Jokowi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top