Masyarakat Iteng, NTT, Nikmati BBM Satu Harga

Masyarakat Iteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, akhirnya menikmati program BBM Satu Harga usai diresmikannya lembaga penyalur berupa SPBU Mini, Jumat (23/11/2018).
David Eka Issetiabudi | 24 November 2018 13:39 WIB
Ilustrasi - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA--Masyarakat Iteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, akhirnya menikmati program BBM Satu Harga usai diresmikannya lembaga penyalur berupa SPBU Mini, Jumat (23/11/2018).

Peresmian SPBU Mini di Iteng ini dilakukan oleh  Anggota Dewan Energi Nasional Pudji Untoro bersama Operation Head TBBM Reo PT Pertamina (Persero) Syaiful Anwar Nursanto, Asisten II Bupati Manggarai Ketut Suastika, jajaran TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat.

"Saya teringat pada tahun 2010, pernah berkunjung ke Tolikara, harga BBM di sana mencapai Rp 50.000per liter. Jauh berbeda dengan di Pulau Jawa. Dengan adanya BBM Satu Harga ini, diharapkan seluruh daerah dapat semakin maju. Kita mulai dari sekarang, menuju ke sana (kemajuan)," kata Pudji, melalui keterangan tertulis, diterima Sabtu (24/11/2018).

Menurutnya, perbedaan harga BBM yang tinggi menyulitkan masyarakat karena membuat biaya transportasi menjadi tinggi.  Sebagai contoh, para petani di daerah 3T sulit menjual hasil panennya karena biaya transportasi untuk mengangkut lebih tinggi daripada uang yang diperoleh. 

"Kenyataan seperti ini yang dipikirkan Bapak Jokowi sehingga diperlukan Program BBM Satu Harga agar pemerataan (ekonomi) dapat langsung dirasakan masyarakat," tambahnya.

Pudji berharap pasokan BBM di Iteng ini dapat  disalurkan ke masyarakat dengan harga yang ditetapkan Pemerintah yaitu Rp6.450 per liter untuk Premium dan Rp5.150 per liter untuk Solar. Sebelum adanya BBM Satu Harga ini, harga Premium di Iteng mencapai Rp15.000 per liter.

Pemerintah Kabupaten Manggarai menyambut baik beroperasinya SPBU ini karena mempermudah masyarakat mendapatkan BBM. 

"Semoga dapat meringankan beban masyarakat serta mendorong peluang ekonomi yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Asisten II Bupati Manggarai Ketut Suastika.

Sementara itu, Operation Head TBBM Reo PT Pertamina (Persero) Syaiful Anwar Nursanto, kembali menyatakan komitmennya untuk mendukung Program BBM Satu Harga. Pengoperasian SPBU ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat.

Tag : ntt, bbm satu harga
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top