Pelni Gencarkan Operasional Kapal Wisata

PT Pelni (Persero) menyasar kapal wisata untuk mendorong sektor pariwisata.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 25 November 2018  |  06:32 WIB
Direktur PT Pelni O. M. Sodikin memberi sambutan pada pembukaan 5th Coral Day di Pulau Bangka, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi UItara, pada Sabtu (24/11/2018). - Bisnis.com/Lukas Hendra

Bisnis.com, MINAHASA UTARA – PT Pelni (Persero) menyasar kapal wisata untuk mendorong sektor pariwisata, demikian dikemukakan O. M. Sodikin, Direktur Usaha Angkutan Penumpang BUMN pelayaran tersebut.

Dia menyebutkan contoh untuk rute Semarang - Karimunjawa di Jawa Tengah, sudah ditambah menjadi 2 kali akibat permintaan melonjak. Begitu pula dengan Wakatobi (Sulawesi Tenggara).

Tidak hanya itu, perseroan juga telah masuk untuk rute Sorong-Waisai (Papua Barat) yang berlayar setiap 2 pekan sekali. Perseroan juga tengah melakukan penjajakan untuk wisata bahari Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

“Di Sulawesi Utara, kami sedang melakukan penjajakan juga untuk kapal wisata di Lembeh [Bitung],” ujarnya pada Sabtu (24/11/2018).

Dia mengemukakan hal tersebut kepada Bisnis di sela-sela acara penenggelaman terumbu karang buatan dengan motif kuda laut di perairan Pulau Bangka, Kabupaten Minahasa Utara, dalam rangkaian 5th Coral Day.

Sodikin mengungkapkan di Sulut, perseroan juga menjalin kerja sama dengan Asosiasi Agen Tour & Travel Indonesia (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies/Asita). Menurutnya, asosiasi tersebut sangat kooperatif.

“Ke depan, kami juga ada kapal edukasi, yakni dengan mengajak sekolah pelayaran. Jadi, kapal kami digunakan praktik oleh mereka,” ujarnya.

Tag : pariwisata, pelni
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top