Google Luncurkan Kursus Machine Learning Gratis

Setelah menjalankan berbagai program dan kursus terkait pengembangan dan pemograman Android, Google meluncurkan kursus bagi mereka yang tertarik mempelajari teknologi pembelajaran mesin atau machine learning (ML).
Dhiany Nadya Utami | 06 Desember 2018 23:36 WIB
Global Head Developer Training GoogleWilliam Florance(paling kiri) danPublic Policy and Government Relations Manager Google Indonesia Danny Ardianto(paling kanan) berfoto bersama developer lokal dalam acara Google Developer Showcase 2018 di Jakarta, Kamis (6/12 - 2018).

Bisnis.com,  JAKARTA--Setelah menjalankan berbagai program dan kursus terkait pengembangan dan pemograman Android, Google meluncurkan kursus bagi mereka yang tertarik mempelajari teknologi pembelajaran mesin atau machine learning (ML).

 Sistem pembelajaran mesin atau machine learning (ML) menjadi salah satu isu yang tengah naik daun di era transformasi digital. Tak ayal, kemampuan menguasai teknologi ini menjadi nilai tambah bagi mereka yang bergerak di bidang TI.

Public Policy and Government Relations Manager Google Indonesia Danny Ardianto mengatakan ML merupakan hal yang sangat menarik untuk dipelajari belakangan ini. karena membantu untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai bidang.

“Untuk membuat lebih banyak orang mengerti bagaimana AI dapat membantu memecahkan masalah-masalah tersebut maka kami meluncurkan Machine Learning Crash Course (MLCC) yang dapat diakses dalam bahasa Indonesia,” paparnya dalam acara Google Developer Showcase 2018 di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

MLCC sendiri sebuah kursus singkat yang memberikan pembelajaran mengenai Machine Learning dan cara mengaplikasian TensorFlow. Dalam kursus tidak berbayar ini, terdapat latihan pemrograman, visualisasi yang interaktif, dan video dari pakar Machine Learning di Google.

“Ini juga merupakan bagian dari program ‘Learn with Google AI’ yaitu serangkaian sumber daya yang kami satukan untuk membantu memberikan informasi tentang machine learning, langkah praktis, hingga contoh machine learning yang diterapkan pada masalah dunia nyata,” tambah Danny.

Saat ini MLCC telah ditranslasi ke dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan developer-developer Indonesia agar dapat mempelajari Machine Learning di dalam bahasa mereka sehari-hari dan mempercepat perkembangan Indonesia dalam bidang Machine Learning.

Tak hanya itu, dia menyebut MLCC telah digunakan oleh lebih dari 20,000 karyawan Google untuk mempelajari dasar-dasar tentang pembelajaran mesin.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan dirilisnya MLCC dalam bahasa Indonesia, akan semakin banyak developer-developer yang terbantu untuk mempelajari Machine Learning dan kemudian mulai membangun proyek-proyek Machine Learning yang dapat memecahkan permasalahan-permasalahan lokal,” tutup Danny.

 

Tag : google
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top