Hingga November 2018, Pemerintah Klaim 36 Proyek Strategis Nasional Rampung

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan 36 Proyek Strategis Nasional (PSN) telah selesai sampai November 2018.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 11 Desember 2018  |  15:38 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur NTT Frans Lebu Raya (kedua kiri) meninjau bendungan Raknamo usai meresmikan tiga proyek strategis nasional di Desa Raknamo, Kabupaten Kupang, NTT, Selasa (9/1). Tiga proyek strategis nasional yang diresmikan itu adalah Bendungan Raknamo, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini, dan PLBN Motamasin. - ANTARA/Kornelis Kaha

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan 36 Proyek Strategis Nasional (PSN) telah selesai sampai November 2018.

Selain proyek-proyek tersebut, sebanyak 51 proyek dan 1 program ketenagalistrikan sedang dalam tahap beroperasi sebagian pada saat ini.

Informasi itu disampaikan Darmin dalam acara peluncuran geoportal kebijakan satu peta di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (11/12/2018), yang dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo, sejumlah menteri Kabinet Kerja, dan pemimpin lembaga tinggi negara.

Dia mengatakan pemerintah telah melakukan berbagai reformasi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, salah satunya adalah penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) tentang PSN. Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah menandatangani Pepres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN yang kemudian diubah menjadi Pepres Nomor 56 Tahun 2018.

"Dapat kami laporkan Bapak Presiden, sampai akhir November 2018, 36 PSN telah selesai, 51 proyek dan 1 program ketenagalistrikan dalam tahap beroperasi sebagian, serta sisanya telah masuk dalam tahap konstruksi dan penyiapan," papar Darmin.

Dalam Perpres 56/2018, pemerintah memiliki 223 PSN dan 3 program. PSN tersebut terdiri atas proyek jalan tol, jalan non tol, prasarana dan sarana kereta api antar kota, prasarana dan sarana kereta api dalam kota, proyek revitalisasi bandar udara, proyek pembangunan bandar udara baru, proyek pembangunan pelabuhan baru dan pengembangan kapasitas, program satu juta rumah, program pembangunan kilang minyak, proyek pipa gas/terminal LPG, proyek infrastruktur energi asal sampah, proyek penyediaan air minum, proyek bendungan dan irigasi, dan sebagainya.

Dalam aturan itu, pemerintah juga memiliki tiga program ketenagalistrikan yaitu program pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, program industri pesawat, dan program pemerataan ekonomi.

"Untuk program ketenagalistrikan 35 gigawatt, telah beroperasi 2.621 megawatt dan 18.457 megawatt dalam proses konstruksi dan sisanya dalam tahap pengadaan," lanjutnya.

Darmin memperkirakan 79 PSN akan selesai dan 84 PSN serta 2 program akan beroperasi sebagian pada kuartal III/2019. Sebagai gambaran, PSN menunjukkan proyek infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintahan Joko Widodo yang memimpin Indonesia sejak Oktober 2014.

Tag : infrastruktur, proyek strategis nasional
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top