ASDP Datangkan Lagi 4 Kapal Ferry Senilai Rp350 Miliar

Bisnis.com, JAKARTA-- Perusahaan penyedia jasa penyeberangan plat merah PT ASDP Indonesia Ferry berencana kembali mendatangkan empat unit kapal ferry senilai Rp350 miliar seiring rencana penguatan armada sepanjang tahun ini. "Tahun ini kami memang fokus
Amri Nur Rahmat | 02 Oktober 2013 19:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Perusahaan penyedia jasa penyeberangan plat merah PT ASDP Indonesia Ferry berencana kembali mendatangkan empat unit kapal ferry senilai Rp350 miliar seiring rencana penguatan armada sepanjang tahun ini.

"Tahun ini kami memang fokus pengadaan ferry. Dari target tujuh unit tahun ini sudah ada tiga kapal terealisasi, sementara empat unit akan datang secara bertahap hingga akhir 2013," ujar Direktur Utama ASDP Danang S. Baskoro, Rabu (2/10/2013).  

Menurutnya, pengadaan kapal tersebut untuk lebih meningkatkan kualitas layanan melalui pengoperasian kapal jenis roro berfasilitas lengkap KMP Portlink terkhusus untuk ditempatkan di lintasan Merak-Bakauheni.

Danang Menjelaskan, KMP Portlink merupakan kapal bekas Inggris yang menjadi bagian dari rencana pengadaan empat unit ferry yang segera didatangkan hingga akhir 2013.

ASDP menganggarkan Rp350 miliar untuk mendatangkan keempat kapal tersebut, yang terdiri dari tiga kapal asal Korea dan satu kapal Portlink dari Inggris.

Pembelian kapal bekas ini tak dapat dihindari mengingat mahalnya harga jika harus membeli kapal baru.

"Anggaran yang kami siapkan itu sudah termasuk renovasi dan modifikasi KMP Portlink sebesar Rp60 miliar. Harganya kan memang variatif, tergantung kebutuhan renovasi dari kapal yang didatangkan," papar Danang.

Adapun, dari sisi kinerja, ASDP Ferry menargetkan pendapatan pada tahun ini mencapai Rp1,92 triliun, meningkat 37,8% dibandingkan tahun lalu Rp1,33 triliun.

Dari sisi pergerakan penumpang, perusahaan mengestimasi mencapai 9,69 juta orang hingga akhir tahun ini, naik 28,9% dibandingkan tahun lalu sebanyak
7,52 juta orang.

Sekretaris Perusahaan ASDP Christine Hutabarat mengatakan dalam merealisasikan target tersebut salah satunya melalui pengadaan tujuh armada baru pada tahun ini.

Pengadaan armada ini disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan armada penyeberangan, khususnya di lintasa komersial.

"Pada tahun ini, kami juga berniat mengelola delapan kapal baru untuk lintasan perintis," jelasnya.

Sejauh ini, ASDP Ferry Indonesia melayani jasa penyeberanagan di 164 lintasan.

Rinciannya 34 penyeberangan lintasan komersial dan 121 penyeberangan di lintasan perintis.

Sementara jumlah armada mencapai 120 unit kapal, di mana 74 unit beroperasi di lintasan komersil dan 56 kapal lintasan perintis.  (ra)


Tag : asdp, penyeberangan, ferry
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top