ARUS BALIK LEBARAN: Bakauheni Padat, Bus Tujuan Jakarta Terlambat 6 Jam

Sejumlah bus asal Sumatra, Sabtu (2/8/2014), terlambat tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, hingga enam jam akibat harus mengantre untuk masuk kapal penyeberangan Bakauheni (Lampung)-Merak (Banten).
Martin Sihombing | 02 Agustus 2014 14:26 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Bisnis.com, MERAK  - Sejumlah bus asal Sumatra, Sabtu (2/8/2014), terlambat tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, hingga enam jam akibat harus mengantre untuk masuk kapal penyeberangan Bakauheni (Lampung)-Merak (Banten).

Sopir bus Pahala Kencana rute Palembang-Jakarta yang dijumpai di Terminal Kalideres, Hendri, mengatakan keadaan itu terjadi karena kapal penyeberangan mengutamakan mobil pribadi dibandingkan bus.

"Kapal penyeberangan hanya boleh diisi lima hingga tujuh bus saja, selebihnya untuk mobil pribadi dan kendaraan roda dua," kata Hendri.

Ia mengemukakan bus yang dikendarai seharusnya tiba paling lambat pukul 06.00 WIB di terminal, namun antrian di Bakauheni itu membuat kedatangannya menjadi molor hingga tiba pada pukul 11.00 WIB.

"Memang ini rutin terjadi setiap kali mudik Lebaran, tapi alangkah baiknya jika pemerintah mendapatkan solusinya. Misalnya merealisasikan jembatan penyeberangan Selat Sunda," harap Hendri.

Keluhan atas lamanya waktu perjalanan itu juga disampaikan Andriani, penumpang Bus Perusahaan Otobus (PO) Aria Prima jurusan Palembang-Jakarta.

"Kesal sekali menunggu. Ini akibat mengantri masuk kapal hingga enam jam," kata warga Kota Depok itu.

Fauzi, penumpang lain jurusan Lampung-Jakarta, juga mengeluhkan hal serupa.

"Hambatan hanya ketika ingin masuk kapal. Setelahnya, perjalanan lancar karena tidak ada jalan yang rusak," kata warga Grogol tersebut.

Sementara itu, Kepala Terminal Antarkota Antarprovinsi Kalideres Djoko Soekarno mengatakan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+5 (3/8), yang akan didominasi daerah asal Sumatera.

"Untuk bus asal Jawa terjadi hari ini, dari Subuh sudah puluhan bus yang masuk," kata dia.

Sedangkan berdasarkan data di pusat arus mudik dan arus balik di terminal itu diketahui pada pada H+3 terdapat 4.435 orang yang tiba di Kalideres atau meningkat 50 persen lebih dari H+2, yang mencatat 2.063 orang.

Sementara itu, pada H+4 yakni terhitung pukul 07.00-13.00 WIB, petugas terminal mencatat terdapat 2.062 orang dari 156 bus rute asal Sumatera dan Jawa yang tiba di Kalideres.

 

J

Sumber : Antara

Tag : merak-bakauheni
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top