Short Sea Shipping Tidak Berkembang di Indonesia, Ini Penyebabnya

Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia sekaligus pakar maritim Rokhmin Dahuri mengatakan short sea shipping tidak berkembang di Indonesia akibat beberapa hal.
Fitri Rachmawati | 02 Oktober 2014 08:14 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia sekaligus pakar maritim Rokhmin Dahuri mengatakan short sea shipping tidak berkembang di Indonesia akibat beberapa hal.

Penyebab itu di antaranya imbalancing muatan, produktivitas bongkar muat,  kapasitas terminal kurang, kongesti di laut, udara dan penyeberangan, defisit pelaut, atau tenaga kerja, serta kemacetan lalu lintas

Selain itu, fasilitas pelabuhan atau bandara, dermaga sangat terbatas. Ditambah dengan faktor regulasi fiskal, moneter, pungutan tidak resmi (pungli), akses jalan buruk, rendahnya kualitas SDM, kebijakan fiskal dan moneter yang belum kondusif, buruknya harmonisasi regulasi dan koordinasi antar lembag dan rendahnya Indonesian Sea Transportation Incorporated.

“Terutama rendahnya fungsi intermediasi perbangkan dimana suku bunga tinggi dan persyaratan pinjam terlalu sulit bagi sektor perhubunga laut,” tuturnya Kamis (2/10/2014).

Tag : logistik
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top