Frekuensi KA Kamandaka Ditambah Jadi 3 Kali Sehari

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah frekuensi perjalanan kereta api (KA) Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang pp, dari satu kali perjalanan menjadi tiga kali perjalanan setiap harinya menyusul tingginya animo masyarakat menggunakan moda transportasi tersebut.
Puput Ady Sukarno | 02 Desember 2014 01:47 WIB
Kereta Api - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah frekuensi perjalanan kereta api (KA) Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang pp, dari satu kali perjalanan menjadi tiga kali perjalanan setiap harinya menyusul tingginya animo masyarakat menggunakan moda transportasi tersebut.

Manager Corporate Communication PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono mengatakan besarnya animo masyarakat menggunakan KA Kamandaka terlihat dari tingginya okupansi KA tersebut yang mencapai 105%-140% setiap harinya.

"Animo masyarakat menggunakan KA Kamndaka cukup besar. Saat ini okupansi rata- rata KA ini mencapai 105% setiap harinya. Bahkan pada hari-hari tertentu seperti Sabtu, Minggu dan Senin bisa mencapai lebih dari 140%," tuturnya, seperti pesan singkat yang diterima Bisnis dari Purwokerto, Senin (1/12/2014).

Menurutnya tingginya tingkat okupansi yang melebihi 100% tersebut disebabkan banyaknya penumpang yang turun dan naik secara dinamis di stasiun antara seperti Slawi, Tegal, Pemalang dan Pekalongan.

Meskipun okupansi total lebih dari 100% namun pihaknya menjamin tidak ada penumpang yang berdiri. "Secara riil kami tetap membatasi penumpang sesuai jumlah tempat duduk," tuturnya.

Penambahan frekuensi perjalanan ini akan mulai dilaksanakan 19 Desember 2014 berbarengan dengan masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Penambahan perjalanan KA Kamandaka untuk sementara diprogram selama angkutan Natal dan Tahun Baru, jika permintaan masyarakat tinggi seterusnya akan kita tingkatkan menjadi perjalanan KA reguler.

Menurutnya dengan ditambahnya perjalanan KA Kamandaka ini, untuk rute Purwokerto- Semarang dan sebaliknya setiap harinya akan ada tiga kali pemberangkatan KA Kamandaka, baik dari Purwokerto ke Semarang maupun dari Semarang ke Purwokerto.

"Dari stasiun Purwokerto ke Semarang masing- masing pukul 05.00 wib, pukul 11.00 wib dan pukul 17.50 wib. Sedangkan pemberangkatan dari stasiun Semarang Tawang menuju Purwokerto masing- masing pukul 05.00 wib, pukul 11.10 wib dan pukul 17.00 wib," ujarnya.

Surono memaparkan ketiga pemberangkatan KA Kamandaka rute Purwokerto- Semarang Tawang tersebut akan berhenti di stasiun- stasiun Bumiayu, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, dan Semarang Poncol, dengan waktu tempuh ketiga KA Kamandaka dari Purwokerto ke Semarang atau sebaliknya tersebut rata-rata hanya 4,5 jam.

Tag : kereta api
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top