Jumlah Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Turun 10,3%

Pergerakan penumpang pesawat udara yang berangkat melalui Banda Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 2,64 juta orang sepanjang Januari-Oktober 2014.
Amri Nur Rahmat | 02 Desember 2014 17:48 WIB
Ilustrasi. - Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - Pergerakan penumpang pesawat udara yang berangkat melalui Banda Sultan Hasanuddin Makassar sebanyak 2,64 juta orang sepanjang Januari-Oktober 2014.

Angka tersebut turun 10,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 2,94 juta orang.

Kepala Badan Pusat Statistik Sulsel Nursam Salam mengatakan tren penurunan arus penumpang tersebut masih merupakan dampak dari penutupan sejumlah rute penerbangan dari Bandara Sultan Hasanuddin ke beberapa destinasi yang dilakukan sejumlah maskapai pada tahun ini.

"Tetapi, secara umum arus penumpang sangat besar sebenarnya. Meski ada beberapa rute yang ditutup tapi tren pergerakannya masih tetap tinggi, apalagi penurunannya hanya 10%, bahkan bisa lebih dibawahnya lagi hingga akhir tahun ini. Tidak terlalu signifikan," katanya kepada Bisnis, Selasa (2/12/2014).

Dia menjelaskan, pasca penutupan sejumlah rute penerbangan tersebut penurunan signifikan terjadi pada kuartal II/2014, di mana pada periode itu bertepatan dengan periode low season.

Namun, pergerakan penumpang kembali menggeliat memasuki kuartal III/2014 seiring dengan masuknya muslim liburan serta momen mudik lebaran. Selain itu, langkah sejumlah maskapai membuka rute baru maupun menambah frekuensi penerbangan ikut mempengaruhi pergerakan penumpang tidak anjlok terlalu dalam.

Nursam memaparkan, secara bulanan pergerakan penumpang yang berangkat melalui Bandara Sultan Hasanuddin untuk rute domestik maupun internasional rata-rata meningkat hingga 15%.

Pada Oktober lalu, lanjutnya, penumpang dengan rute domestik mencapai 285.000 orang, naik hingga 16,18% dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak 245.300 orang. Sedangkan untuk rute internasional, stagnan pada jumlah penumpang sebanyak 3.200 orang.

Adapun, secara kumulatif penumpang rute internasional periode Januari-Oktober 2014 di Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 2,61 juta orang, sedangan penumpang dengan rute internasional sebanyak 31.900 orang.

Tag : bandara
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top