KKP Perkuat Peran Penyuluh Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan terus memperkuat peran penyuluh perikanan sebagai konsultan, penasehat, dan pendamping masyarakat dalam mengembangkan usaha di bidang kelautan dan perikanan.
Ihda Fadila | 02 Desember 2014 21:53 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Kelautan dan Perikanan akan terus memperkuat peran penyuluh perikanan sebagai konsultan, penasehat, dan pendamping masyarakat dalam mengembangkan usaha di bidang kelautan dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan berkat perannya sebagai agent of change, penyuluh perikanan telah berhasil memacu daya saing masyarakat sehingga produktivitas, mutu, dan efisiensi usahanya semakin meningkat.

"Keberhasilan tersebut salah satunya ditunjukkan dengan perubahan kelas kelompok pelaku utama atau usaha hasil dari pendampingan penyuluh perikanan," ujarnya lewat keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (1/12/2014).

Selain itu, lanjutnya, pendampingan yang dilakukan juga telah meningkatkan pendapatan masyarakat.

Susi menambahkan dalam melakukan pendampingan, penyuluh perikanan dibekali teknologi melalui pemanfaatan cyber extension.

Penyuluh perikanan harus memiliki dedikasi dan kompetensi, sehingga mampu mengubah perilaku kelompok pelaku utama, dan meningkatkan produktivitas usaha masyarakat sehingga kehidupannya semakin lebih sejahtera, katanya. 

Tag : kkp, Penyuluh Perikanan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top