Kemenhub Bekukan Rute AirAsia Surabaya-Singapura

Pihak AirAsia diketahui melaksanakan penerbangan QZ 8501 rute Surabaya-Singapura tanpa persetujuan pihak yang berwenang yakni Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan. Alhasil rute tersebut yang diterbangi AirAsia langsung dibekukan.
MG Noviarizal Fernandez | 02 Januari 2015 20:50 WIB
Tidak berizin. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak AirAsia diketahui melaksanakan penerbangan QZ 8501 rute Surabaya-Singapura tanpa persetujuan pihak yang berwenang yakni Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan. Alhasil rute tersebut yang diterbangi AirAsia langsung dibekukan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Julius Adravida Barata mengatakan berdasarkan data yanbg dihimpun Kemenhub, AirAsia mendapatkan slot terbang untuk rute Surabaya-Singapura dari Senin hingga Minggu tapi di luar winter seasson. Di luar winter seasson, jadwal yang diberikan kepada AirAsia adalah Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

“Saat ini kan hitungannya winter seasson jadi untuk penerbangan hari Minggu, tidak berizin karena pihak tidak ada pengajuan serta tidak disetujui oleh otoritas yang berwenang. Hal ini merupakan pelanggaran atas persetujuan rute yang telah diberikan,” ungkapnya, Jumat (2/1/2014).

Karena itulah, pihak Kemenhub mengeluarkan keputusan pembekuan sementara rute AirAsia Surabaya-Singapura terhitung sejak 2 Januari 2015.

“Selain Hari Minggu, tidak tertutup kemungkinan ada juga pelanggaran-pelanggaran izin terbang rute tersebut. Kelalaian yang dilakukan oleh operator bisa terjadi karena Kemenhub selama ini tengah melakukan penataan sehingga ada hal-hal yang terlewatkan,” pungkasnya.

Tag : Air Asia Hilang
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top