Samsung Optimalisasi IoT Maksimal 2019

Vendor elektronik berdarah Korea Samsung Group siap optimalisasi era Internet of Things (IoT) maksimal pada 2019 mendatang.
Sanjey Maltya | 07 Januari 2015 07:06 WIB
Ilustrasi - Antara
Bisnis.com, JAKARTA--Vendor elektronik berdarah Korea Samsung Group siap optimalisasi era Internet of Things (IoT) maksimal pada 2019 mendatang.
 
Presiden dan CEO Samsung Electronics BK Yoon menjelaskan seluruh hardware dan teknologi besutan perusahaan akan optimal menyambut era IoT paling lambat dalam lima tahun ke depan.
 
"Sementara semua televisi Samsung akan memiliki kemampuan IoT pada 2017," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis.com, Senin (6/1/2015).
 
Dia menjelaskan, seluruh developer (pengembang) harus mempersiapkan diri dalam membangun ekosistem IoT. "Tahun ini, kami akan menginvestasikan lebih dari US0 juta untuk komunitas pengembang."
 
Menurut Yoon, IoT bukanlah tentang things atau benda, melainkan mengenai masyarakat. Setiap orang merupakan pusat dari dunia teknologinya sendiri, sementara ranah IoT akan terus beradaptasi dan berubah bentuk selagi masyarakat tersebut masih menjalani hidup.
 
Dia menjelaskan, sensor menjadi komponen kunci dalam era IoT agar lebih kompak dan hemat energi. "Kami tengah mengembangkan sensor jarak tiga dimensi baru yang dapat mendeteksi gerakan terkecil sekalipun."
 
Perusahaan juga sedang meneliti chip seperti ePOP dan bio-prosesor yang hemat energi dan kompak khusus untuk produk mobile.
 
Menurut Yoon agar ekosistem IoT bisa terbangun, seluruh industri terkait harus berkolaborasi membangun infrastruktur yang diperlukan dan mengembangkan pelbagai layanan yang disesuaikan.
 
"Satu perusahaan tunggal atau satu industri saja tak akan mampu menyediakan manfaat IoT. Kita harus melihat potensi IoT di semua jenis industri. Hanya dengan bekerja sama kita dapat meningkatkan taraf kehidupan bermasyarakat," pungkasnya.
Tag : samsung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top