GARUDA INDONESIA (GIAA) Benahi Flight Number Makassar-Medan-Jeddah PP

Menindaklanjuti teguran Kementerian Perhubungan terkait dengan pelanggaran izin terbang, Garuda Indonesia telah menyatukan nomor penerbangan rute Makassar-Medan-Jeddah PP menjadi satu nomor penerbangan.
Ana Noviani | 10 Januari 2015 19:20 WIB
Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Tbk. Arif Wibowo. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menindaklanjuti teguran Kementerian Perhubungan terkait dengan pelanggaran izin terbang, Garuda Indonesia telah menyatukan nomor penerbangan rute Makassar-Medan-Jeddah PP menjadi satu nomor penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan pelanggaran yang dimaksud Kemenhub adalah penggunaan dua nomor penerbangan pada rute Makassar-Medan, Medan-Jeddah.

Padahal, regulator telah direstui permintaan maskapai untuk mengubah empat rute tersebut ke dalam satu nomor penerbangan melalui surat yang dikirimkan pada 24 Desember 2014.

"Surat Kemenhub tanggal 24 Desember, tapi kita terima tanggal 2 Januari. Pada 1 Januari 2015 belum sempat di-switch on pada sistem reservasi, itu dinyatakan sebagai hal yang tidak sesuai dengan pemerintah," katanya, Sabtu (10/1/2015).

Arif menjelaskan awal kekeliruan tersebut bermula dari permohonan Garuda Indonesia menyatukan nomor penerbangan internasional dari Makassar-Medan-Jeddah PP. Sebelumnya, rute tersebut mengunakan dua nomor penerbangan, yakni GA-626 dan GA-986 untuk rute Makassar-Medan-Jeddah, serta GA-987 dan GA-627 untuk rute Jeddah-Medan-Makassar.

Permohonan melalui surat yang itu telah disetujui Kemenhub melalui surat balasan tertanggal 24 Desember 2014 untuk mulai diterapkan maskapai pada 1 Januari 2015. Namun, surat tersebut baru diterima pihak Garuda pada 2 Januari 2015 dan terlambat diterapkan.

"Garuda ingin ada satu nomor penerbangan supaya tidak membingungkan," imbuhnya.

Setelah mengetahui kekeliruan tersebut dalam rapat dengan Kemenhub pada Jumat (9/1), pihak Garuda Indonesia sudah melakukan switch-on nomor penerbangan pada rute tersebut sesuai aturan Kemenhub.

"Rute ini tadi pagi tetap terbang. Penerbangan tidak ada yang di-cancel," kata Arif.

Rute Makassar-Medan-Jeddah PP merupakan rute penerbangan yang beroperasi 3 kali dalam seminggu. Penerbangan dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 04:30 WITA.

"Kami menyampaikan sudah switch-on flight number karena izinnya sudah di-approve, sudah di-switch on," tutur Mantan Bos Citilink Indonesia ini.

Tag : garuda indonesia
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top