956 Perusahaan Raih Penghargaan Zero Accident 2015

Sebanyak 956 perusahaan berhasil meraih penghargaan Zero Accident pada tahun ini. Hal ini menandakan bahwa tidak terjadi kecelakaan kerja dalam tiga tahun terakhir di perusahaan-perusahaan tersebut.
Tegar Arief | 12 September 2015 07:10 WIB
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebanyak 956 perusahaan  berhasil meraih penghargaan Zero Accident pada tahun ini. Hal ini menandakan bahwa tidak terjadi kecelakaan kerja dalam tiga tahun terakhir di perusahaan-perusahaan tersebut.

Adapun penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) diberikan kepada 635 perusahaan yang berhasil menerapkan SMK3 secara terpadu dan kontinyu berdasarkan evaluasi hasil audit dari lembaga audit.

Penghargaan K3 juga diberikan kepada 15 gubernur dan 28 bupati/walikota yang berhasil menjadi pembina K3 terbaik di wilayahnya.

"Pemerintah memberikan apresiasi kepada gubernur, bupati/walikota, para pengusaha, pekerja dan masyarakat yang telah melaksanakan K3 sehingga mampu  meningkatkan aspek perlindungan pekerja, mutu kerja dan produktivitas," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Jumat (11/9/2015).

Hanif mengatakan penerapan K3 harus jadi prioritas bagi dunia usaha. Menurutnya, perusahaan yang menerapkan K3 sesuai standar maka akan memberi dampak positif bagi perlindungan pekerja dan keuntungan perusahaan.

"Penerapan K3 sendiri bukan hanya tanggung jawab manajemen perusahaan saja. Tetapi, peran kepala daerah dalam mengawasi penerapannya juga sangat diperlukan. Perlu diingat penerapan K3 merupakan kegiatan lintas sektoral. Pemerintah, dunia industri, akademisi, praktisi dan masyarakat umum berkewajiban berperan aktif menerapkannya."

Tag : tenaga kerja
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top