PRODUKSI GULA: PTPN XI Bentuk Divisi Khusus Jaga Kualitas

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI tahun ini membentuk Divisi Quality Control untuk menggenjot kualitas produksi gula, terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan berlaku pada akhir tahun ini.
Peni Widarti | 24 September 2015 21:32 WIB
Gula - Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI tahun ini membentuk Divisi Quality Control untuk menggenjot kualitas produksi gula, terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan berlaku pada akhir tahun ini.

Kepala Divisi QC Rahadi Koentjoro mengatakan divisi ini akan bertugas menjadi pengawas kualitas baik mulai dari bahan baku hingga kualitas produksi gula.

"Divisi ini baru dibentuk 1 Mei 2015 karena kebutuhan peningkatan kualitas baik manajemen maupun produksi perlu pengawasan khusus dan sebagai bahan evaluasi," katanya kepada Bisnis, Kamis (24/9/2015).

Menurut Rahadi, keberadaan pengawasan kualitas akan berdampak pada daya saing produk. Selama ini biaya produksi gula tergolong cukup tinggi, sementara harga jualnya rendah.

"Industri ke depan harus terus berorientasi pada kebutuhan konsumen yakni produk yang berkualitas dengan harga yang rendah," katanya.

Adapun fungsi Divisi QC ini adalah mengawasi data-data kualitas bahan baku tebu sampai menjadi produk gula. Pengawasan di sisi on farm, misalnya hasil rendemen tebu akan dicatat dan dilaporkan kepada direksi dan manajemen unit usaha apabila tidak sesuai dengan target.

 

Tag : gula
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top