Airbus Peroleh Kontrak Pembelian A380 dari Maskapai Terbesar Jepang

Airbus mendapatkan kontrak pembelian tiga pesawat superjumbo A380 dari maskapai terbesar asal Jepang ANA Holding Inc dengan nilai 150 miliar yen atau US$1,25 miliar.
Samdysara Saragih | 02 Januari 2016 13:10 WIB
Perakitan pesawat jenis Airbus 350xwb di Toulouse, Prancis - Bisnis/Reni Efita Hendry

Bisnis.com, TOKYO – Airbus mendapatkan kontrak pembelian tiga pesawat superjumbo A380 dari maskapai terbesar asal Jepang ANA Holding Inc dengan nilai 150 miliar yen atau US$1,25 miliar.

“Pesawat-pesawat itu akan diperkenalkan pada tahun fiskal 2018 untuk rute Hawaii dan negara lain,” bunyi kutipan surat kabar Nikkei yang dilansir Reuters, Jumat (1/1/2016).

Pesanan di pembuka tahun 2016 itu menjadi angin segar karena selama beberapa tahun ini pesanan pesawat superjumbo tidak menggembirakan. Pasalnya, bisnis penerbangan kini lebih berorientasi pada pemakaian pesawat-pesawat dua mesin yang biaya operasionalnya lebih murah.

Angin segar juga telah dirasakan oleh kompetitor Airbus, Boeing Co, yang pada November tahun lalu menerima pesanan pesawat seri 747-8 dari dua perusahaan. Kontrak itu mengakhir dua tahun nihilnya pesanan pesawat empat mesin.

Airbus sebenarnya sempat mendapatkan kontrak pembelian enam pesawat A380 dari maskapai berbiaya murah asal Jepang Akymark Airlines Inc. Namun, pesanan dibatalkan karena operator tersebut kesulitan mendapatkan biaya tunai untuk membayar cicilan.

Tag : jepang, pesawat, airbus, a380
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top