Selama Lebaran, Pendapatan Tiket.com Diklaim Tumbuh 40%

E-commerce Tiket.com mengklaim pendapatan yang dihasilkan dari penjualan tiket secara keseluruhan tumbuh sekitar 40% selama lebaran sejalan dengan tingginya kebutuhan konsumen terhadap moda transportasi untuk mudik dan liburan.
Sholahuddin Al Ayyubi | 02 Agustus 2016 01:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - E-commerce Tiket.com mengklaim pendapatan yang dihasilkan dari penjualan tiket secara keseluruhan tumbuh sekitar 40% selama lebaran sejalan dengan tingginya kebutuhan konsumen terhadap moda transportasi untuk mudik dan liburan.

Mikhael Gaery Undarsa, Co-Founder Tiket.com, mengemukakan secara keseluruhan pemesanan tiket yang paling tinggi terjadi pada pemesanan tiket pesawat terbang yang diklaim mencapai angka sekitar 50% dari keseluruhan penjualan tiket selama semester I/2016.

Menurutnya, tren traveling yang dilakukan konsumen dewasa ini telah mendongkrak penjualan Tiket.com yang menyediakan tiket di antaranya tiket kereta api, pemesanan hotel, dan penyewaan mobil.

“Kalau total keseluruhan penjualan tiket selama lebaran kemarin, kami tumbuh sekitar 40%. Tiket pesawat terbang paling banyak dibeli oleh konsumen pada saat itu, karena selain mudik, bertepatan juga dengan momentum liburan anak,” tuturnya kepada Bisnis di Kantor Bisnis Indonesia Jakarta, Senin (1/8/2016).

Co-Founder Tiket.com itu menjelaskan saat ini pemesanan tiket yang dilakukan konsumen pada Tiket.com juga telah menembus angka 15.000 pemesanan atau lebih banyak 5.000 pemesanan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya sebanyak 10.000 pemesanan.

Menurut Gaery, tingginya penetrasi Internet dewasa ini diyakini telah mendorong jumlah pengguna Tiket.com yang diklaim telah mencapai angka sebesar 4,5 juta pengguna secara keseluruhan baik melalui aplikasi maupun melalui web.

“Saat ini konsumen yang melakukan pemesanan tiket di tempat kami sudah mencapai angka 15.000 pemesanan,” katanya.

Menurut Gaery, tingginya pengguna smartphone dan penetrasi internet diyakini telah mengubah pola masyarakat dalam melakukan pemesanan tiket. Selama semester I/2016, Gaery menjelaskan, konsumen yang melakukan pemasanan tiket lebih didominasi menggunakan aplikasi, sedangkan pemesanan tiket yang dilakukan melalui web mulai menurun.

“Sekarang kan sudah banyak yang menggunakan smartphone ya, penetrasi Internet juga sudah mulai tinggi di Indonesia, kami melihat konsumen kami lebih banyak yang pesan lewat aplikasi,” ujarnya.

Gaery berpandangan salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh seluruh industri e-commerce saat ini adalah mempertahankan konsumen agar tidak pindah ke tempat lain. Menurutnya, loyalitas konsumen kini terletak pada harga yang ditawarkan oleh pemain e-commerce.

Semakin murah harga yang ditawarkan, maka konsumen akan memiliki loyalitas yang tinggi dan tidak akan pindah kemana-mana,” ujarnya.

Gaery juga optimistis target pertumbuhan 100% Tiket.com dapat tercapai tahun ini, mengingat tren traveling yang dilakukan oleh anak muda tengah digenjot oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata. “Target kami tahun ini sama seperti tahun lalu, 100%,” ucapnya.

Tag : tiket.com
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top