Semester I, Paket Posindo Balikpapan Turun

Sepanjang semester I/2016, tonase paket yang dikirimkan melalui PT Pos Indonesia (persero) Cabang Balikpapan mengalami penurunan, terlihat dari perolehan pendapatan yang tak sampai separuh dari target tahunan yang dipatok mencapai Rp44 miliar.
Nadya Kurnia | 02 Agustus 2016 16:20 WIB
Ilustrasi. Kegiatan di kantor PT Pos Indonesia. - Antara/Izaac Mulyawan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sepanjang semester I/2016, tonase paket yang dikirimkan melalui PT Pos Indonesia (persero) Cabang Balikpapan mengalami penurunan, terlihat dari perolehan pendapatan yang tak sampai separuh dari target tahunan yang dipatok mencapai Rp44 miliar.

Kepala Cabang PT Pos Indonesia Cabang Balikpapan Hari Sumaryono mengatakan pertumbuhan selama semester kemarin mencapai 13% dibanding dengan realisasi kinerja tahun sebelumnya.

Momentum Ramadhan yang identik dengan lonjakan pengiriman barang pun tak mampu mendongkrak pertumbuhan kinerja secara signifikan. Kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih diperkirakan menjadi salah satu penyebab utama penurunan tonase.

"Meskipun secara tonase menurun, selama Ramadhan kemarin jumlah pendapatan tetap tumbuh positif biarpun tak signifikan. Sebab banyak pengguna jasa yang biasanya memakai layanan pos reguler beralih memakai pos kilat. Selain itu ada penyesuaian tarif Rp1.000," tutur Hari, Selasa (2/8/2016).

Untuk mengimbangi penurunan tonase paket itu, Pos Indonesia Balikpapan pun mencari pangsa pelayanan lain untuk mendongkrak pertumbuhan perolehan pendapatan. Salah satunya adalah dengan menjajaki kerja sama penyediaan jasa mailing room dengan perusahaan-perusahaan.

"Saat ini kami sudah melayani Total E&P Indonesie dan Chevron, beberapa kantor dinas pemerintah kota juga sudah. Kami akan cari lagi potensi-potensi lain yang masih bisa digali," tutup Hari.

Tag : posindo, paket
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top