PT KAI Luncurkan KA Singosari Express Gubeng-Malang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Singosari Express rute Gubeng Malang untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat pada libur akhir pekan.
Choirul Anam | 19 Agustus 2016 17:48 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, MALANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Singosari Express rute Gubeng Malang untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat pada libur akhir pekan.

Executive Vice President KAI Daop 8 Wiwik Widayanti mengatakan, Malang merupakan  salah satu tujuan kota wisata di Jatim, bahkan Indonesia. Setiap akhir pekan, jalan di kota serta menuju Malang selalu padat.

“Hotel-hotel juga padat pada akhir pekan,” ujarnya di sela-sela peluncuran Singosari Express di Malang, Jumat (19/8/2016).

Bahkan, PT KAI setingkali menolak penumpang pada akhir pekan karena terbatasnya ketersediaan kursi.

Karena itulah, PT KAI memanfaatkan KA yang ada, yakni KA Mutiara Selatan untuk sampai ke Malang, sampai ke Stasiun Kota Lama. Jam keberangkatan KA Singosari dari Surabaya pukul 09.55, sedangkan dari Malang ke Surabaya pukul 13.15 WIB.

Pengoperasian KA tersebut akan dievaluasi dalam tiga bulan. Intinya, jika peminat dari KA yang beroperasi hanya pada akhir pekan, yakni Jumat-Sabtu-Minggu

KA tersebut berkapasitas 320 seat, sedangkan jumlah penumpang pada peluncuran sebanyak 85 orang dari Surabaya.

 “Maklum ini baru kali pertama,” ujarnya.

Yang perlu dicermati, terkait jam keberangkatan. Ramai tidaknya peminat KA a.l karena dipicu jam keberangkatan yang tepat.

Setelah masyarakat mengetahui adanya KA tersebut, maka diharapkan bisa menerimanya. KA tersebut mempunyai keunggulan karena tidak banyak berhenti di stasiun sehingga perjalanannya relatif cepat, sekitar 2 jam.

“Kami harap tingkat okupansinya bisa mencapai 100%, jika masyarakat sudah mengetahui kereta tersebut,” ucapnya.

Muhammad, salah seorang penumpang, mengatakan dirinya mengetahui ada KA Singosari Express setelah membaca informasi di online. Apalagi pada peluncuran ada iming-iming diskon.

Namun yang jelas, peluncuran KA tersebut jelas membantu masyarakat yang menginginkan perjalanan yang relatif cepat dan nyaman.

 “Kursinya nyaman. Sebelumnya saya menggunakan KA Penataran,” ujarnya.

 

Tag : pt kai
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top