Teknologi Digital Selular Memberi Manfaat Bagi Kaum Disabel

Kemajuan dunia digital dan teknologi selular juga dapat digunakan oleh orang-orang berkebutuhan khusus atau disabel.
Sukirno | 21 Agustus 2016 19:54 WIB
Ilustrasi - cdt.nd.edu

Bisnis.com, JAKARTA--Kemajuan dunia digital dan teknologi selular juga dapat digunakan oleh orang-orang berkebutuhan khusus atau disabel.

Pesatnya kemajuan dunia digital dan teknologi telah menghadirkan berbagai solusi bagi kehidupan sehari-hari masyarakat, dengan munculnya aplikasi-aplikasi dan layanan content lainnya. Kemajuan tersebut juga selayaknya bisa dinikmati oleh semua orang, termasuk untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman mengatakan Indosat Ooredoo hari ini menggelar kegiatan Disabled Community Gathering yang merupakan salah satu rangkaian Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest ke 10 (IWIC 10).

Acara ini mengangkat pentingnya teknologi dan dunia digital yang bisa memudahkan aktivitas para penyandang disabilitas, termasuk mengajak mereka untuk turut aktif menciptakan aplikasi yang bermanfaat untuk sesama.

“Indosat Ooredoo percaya bahwa teknologi dan dunia digital harus accessible, affordable, dan simple untuk semua, tanpa terkecuali bagi saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus," kata dia, Minggu (21/8/2016).

Disable Community Gathering diisi dengan focus group discussion pembuatan proposal ide yang kemudian didaftarkan langsung di Disable Category IWIC 10.

Kegiatan ini dihadiri oleh komunitas Kartunet yang merupakan sebuah situs web yang dikelola oleh Komunitas Kartunet Indonesia sebagai organisasi nirlaba yang didirikan oleh empat orang tunanetra.

Kartunet melaksanakan program-program yang fokus pada pemanfaatan media baru dan pemberdayaan penyandang disabilitas. Program digagas oleh kaum muda yang memiliki empati dan pandangan bahwa disabilitas bukan halangan seseorang untuk berkarya.

Selain itu hadir juga komunitas dari kerjabilitas.com yang merupakan sistem informasi berbasis piranti lunak website dan seluler yang menjadi penghubung antara penyandang disabilitas pencari kerja dan penyedia kerja.

Dengan sistem informasi ini, kata dia, penyandang disabilitas bisa menempatkan profil mereka sebagai pencari kerja dan mengakses informasi tentang kesempatan kerja yang tersedia.

Sistem ini juga menampung berbagai konten baik visual, audio, dan video, tentang kecakapan hidup (life skill) dan pengembangan diri untuk membantu penyandang disabilitas meningkatkan kemampuan mereka dalam persaingan dunia kerja.

Pada penyelenggaraan IWIC 10 yang bertemakan #changetheworld kali ini, beberapa kategori bisa diikuti oleh peserta di antaranya Special Category for Women & Girls, Disable Category, Kids, Teens, University Student and Public, serta Developers Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia.

Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Communications, Lifestyle, & Education; Multimedia & Games; Utility(tools, security, ideas/apps for disabled); tourism; danSocial Innovation. Peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk diaplikasikan di sistem operasi Android, Apple, Symbian, Blackberry, dan Windows Phone.

Tag : indosat
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top