Jelang Festival Bahari, Tojo Unauna Buka Jadwal Penerbangan Setiap Hari

Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah akan membuka jadwal penerbangan setiap hari dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu ke Bandara Tanjung Api Tojo Unauna dan kabupaten terdekat menjelang pelaksanaan Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean 2016.
Newswire | 21 Agustus 2016 03:22 WIB
Penerbangan - Ilustrasi/JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, PALU - Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah akan membuka jadwal penerbangan setiap hari dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu ke Bandara Tanjung Api Tojo Unauna dan kabupaten terdekat menjelang pelaksanaan Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean 2016.

"Sekarang baru tiga kali satu minggu. Nanti sudah setiap hari ada penerbangan ke Bandara Tanjung Api," kata Bupati Tojo Unauna Muhammad Lahay di Palu, dalam pertemuan bersama wartawan dan pelaku usaha travel, Sabtu (20/8/2016) malam.

Rencananya Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean akan dilaksanakan 27-31 Agustus 2016 dengan berbagai kegiatan yang memikat dan menantang.

Untuk mendukung kunjungan dalam kegiatan tersebut pemerintah daerah setempat bekerja keras mengurai akses transportasi yang selama ini menjadi kendala serius. Muhammad Lahay mengakui, transportasi adalah salah satu kendala yang dihadapi pemerintah dalam mendorong kunjungan wisatawan ke Togean.

Namun dengan beroperasinya bandara Tanjung Api, kata dia, kunjungan wisatawan ke daerah itu sudah meningkat tajam. Hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan asing sudah hampir mencapai 10 ribu orang, atau hampir sama dengan jumlah kunjungan 2015.

Menurut dia, maskapai yang akan mengisi jadwal penerbangan ke Bandara Tanjung Api adalah Wings Air. Dia mengatakan manajemen Wing's Air sudah meninjau Bandara Tanjung Api.

Bupati mengklaim bandara yang baru dibangun tersebut adalah salah satu bandara terbaik dari seluruh bandara kabupaten di Sulawesi Tengah.

Menurut Muhammad Lahay selama ini pintu masuk kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Togean melalui Gorontalo karena jadwal penerbangan ke provinsi tetangga ini lebih lancar. Selain itu jarak tempuh dibanding dari Kota Palu, juga jauh lebih dekat dari Gorontalo.

Dia mengatakan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah saat ini untuk mewujudkan "Visit Togean 2017" sekaligus mengimplementasikan visi misi pemerintahannya menjadikan Kabupaten Tojo Unauna sebagai kabupaten hebat yang bertumpu pada sektor pariwisata dan pertanian.

Salah satu objek yang akan dijual pemerintah daerah setempat adalah Kepulauan Togean. Dari sekitar 280 pulau di kepulauan tersebut sekitar 70 pulau di antaranya memiliki daya tarik di antaranya Pulau Kabalutan, Pulau Papan, Kadidiri, Siatu, Taupan, Pangempa Bolilanga, Kulingkinari, Tanjung Kramat dan Karina.

Gugusan pulau tersebut memiliki keindahan pantai, bawah laut, flora dan fauna yang langka, serta kekhasan budaya suku Bajo.

Sumber : Antara

Tag : penerbangan
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top