Libur Natal dan Libur Sekolah: Tiket Kereta Api Ludes!

Tiket kereta api sejumlah rangkaian KA kelas bisnis, eksekutif dan ekonomi di wilayah Daerah Operasi 9 Jember selama libur Natal yang bertepatan dengan liburan sekolah sudah terjual habis.
Newswire | 20 Desember 2016 14:12 WIB
Ilustrasi: Calon penumpang melakukan transaksi pembelian tiket melalui mesin e-Kios di Stasiun Kereta Api Madiun, Jawa Timur, Minggu (12/7/2015). - Antara

Bisnis.com, JEMBER - PT Kereta Api Indonesia meraup berkah dengan tibanya Libur Natal yang bersamaan dengan libur sekolah.

Tiket kereta api sejumlah rangkaian KA kelas bisnis, eksekutif dan ekonomi di wilayah Daerah Operasi 9 Jember selama libur Natal yang bertepatan dengan liburan sekolah sudah terjual habis.

"Tiket kereta api sejumlah rangkaian KA untuk keberangkatan mulai tanggal 23-25 Desember 2016 sudah habis, sehingga kami tidak bisa melayani pemesanan tiket untuk calon penumpang lain pada tanggal tersebut," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Lukman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (20/12/2016).

Ia mengatakan beberapa rangkaian kereta yang sudah penuh untuk keberangkatan 23-25 Desember 2016 yakni kereta kelas bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur malam jurusan Banyuwangi-Surabaya dan KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon.

"Sedangkan kereta kelas ekonomi yang juga penuh pada tanggal yang sama yakni KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya dan KA Logawa jurusan Jember-Puwokerto," tuturnya.

Menurutnya tiket beberapa rangkaian kereta seperti KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang dan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta sudah terjual lebih dari 80% selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Sedangkan untuk kereta lokal seperti KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi biasanya banyak calon penumpang yang membeli tiket secara langsung (go show), namun diprediksi mengalami peningkatan dibandingkan hari normal karena bertepatan dengan liburan sekolah," katanya.

Lukman menjelaskan pihak PT KAI Daop 9 Jember tidak akan menambah kereta lain untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama liburan sekolah yang bertepatan dengan libur Hari Natal dan Tahun Baru.

"Kami akan memaksimalkan rangkaian kereta yang ada dan kemungkinan hanya ada penambahan satu gerbong untuk kelas bisnis KA Mutiara Timur dengan kapasitas 64 tempat duduk," ujarnya.

Ia mengatakan meningkatnya okupansi penumpang kereta api tidak hanya terjadi pada keberangkatan di sejumlah stasiun wilayah kerja Daop 9. Penumpang juga meningkat saat tiba di sejumlah stasiun sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi.

"Kami prediksi ada peningkatan jumlah penumpang sekitar 5% selama liburan sekolah yang bertepatan dengan libur Hari Natal dan Tahun Baru dibandingkan pada hari biasanya," katanya menambahkan.

Sementara salah seorang penumpang Dorothy mengaku telah memesan tiket KA Ranggajati jauh-jauh hari sebelum libur Natal, sehingga bisa mendapatkan tiket kereta untuk seluruh keluarganya yang akan merayakan Natal di Solo.

"Kami pesan hampir dua bulan lalu untuk lima tiket KA Ranggajati, sehingga tidak sampai kehabisan tiket untuk pulang ke Solo," ucap ibu rumah tangga itu.

Sumber : Antara

Tag : kereta api
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top