Aptrindo Berupaya Minimalisir Kecelakaan Truk

Aptrindo menilai terbukanya pasar Asean maka akan membuka peluang baru dengan potensi yang besar bagi perdagangan di Indonesia.
Puput Ady Sukarno | 11 Maret 2017 21:00 WIB
Suasana di Pelabuhan Tanjung Priok - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bidang Distribusi dan Logistik Kyatmaja Lookman mengatakan dengan terbukanya pasar Asean maka akan membuka peluang baru dengan potensi yang besar bagi perdagangan di Indonesia.

Tentu, kata dia, hal itu akan pula meningkatkan peluang usaha bagi pengusaha truk untuk menciptakan kenyamanan bisnis trucking secara nasional maupun internasional dengan mencegah keterlambatan pengiriman barang maupun kerusakan barang sebagai akibat dari terjadinya kecelakaan lalulintas.

"Untuk itu maka diperlukan adanya tekad dan komitmen untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan lalulintas," ujarnya seperti siaran pers yang diterima Bisnis, Sabtu (11/3/2017).

Menurutnya sejumlah cara tersebut antara lain ; meningkatkan ketrampilan para pengemudi / sopir truk, meningkatkan pengetahuan akan rambu rambu lalulintas, meningkatkan kesadaran atas tanggungjawab terhadap barang yang dibawa di atas truk tersebut.

Selain itu, meningkatkan kesejahteraan para pengemudi truk, sehingga hati dan pikirannya akan lebih tenang dan fokus dalam mengerjakan tugasnya.

Kemudian, memberikan pelatihan tentang standart sopir internasional sehingga ketika sopir dari negara tetangga masuk ke Indonesia tidak dapat begitu saja menyingkirkan sopir dalam negeri, dan juga agar sopir dimaksud memperoleh sertifikasi.

Lalu meningkatkan disiplin dalam rangka uji berkala truk yang dipergunakan, lalu mengambil tindakan tegas apabila sopir melakukan tindakan yang dapat berakibat fatal atau menimbulkan kecelakaan lalulintas, misalnya mabuk atau minum-minuman beralkohol dan mengkonsumsi narkoba pada saat menjalankan tugas.

Seperti diketahui, Kemenhub, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) akan mendeklarasikan truk pelopor keselamatan berlalulintas di JICT, Senin 13 Maret 2017, Jalan Sulawesi Ujung No.1 Tanjung Priok Jakarta Utara.

Guna mendukung tercapainya deklarasi tersebut maka semangat gotong royong dan peran serta pengusaha truk yang terhimpun dalam ptrindo sangat diharapkan untuk selalu terjalin dengan baik dan berkesinambungan.

Tag : Aptrindo, truk
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top