Harga Bawang Turun, Mentan Minta Bulog Serap Bawang Petani

Meski stok dan harga kebutuhan pangan aman, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengkhawatirkan harga turun terlalu jauh sehingga petani berpotensi merugi. Amran menyebut harga bawang di Tulungagung, Jawa Timur, sebesar Rp8.000 per kg di tingkat petani.\n\n
Azizah Nur Alfi | 13 April 2017 18:19 WIB
Petani memanen bawang merah di Dempet, Demak, Jawa Tengah, Selasa (14/3). - Antara/Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA - Usai sidak ke beberapa pasar tradisional di DKI Jakarta, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan harga dan stok kebutuhan pangan jelang Ramadhan aman.

Mendag dan Mentan beserta jajaran pejabat pemerintah lainnya melakukan sidak ke tiga pasar tradisional yakni Pasar Senen, Pasar Rawamangun, dan Pasar Induk Beras Cipinang.

Meski stok dan harga kebutuhan pangan aman, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengkhawatirkan harga turun terlalu jauh sehingga petani berpotensi merugi. Amran menyebut harga bawang di Tulungagung, Jawa Timur, sebesar Rp8.000 per kg di tingkat petani.

"Saya meminta Bulog agar membeli bawang petani  Rp15.000 per kg," tuturnya usai sidak, Kamis (13/4/2017).

Amran menyampaikan saat ini stok bawang merah sebesar 2.000 ton dan bawang putih sebesar 1.000 ton. Sedangkan stok beras 2,1 juta ton.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta pemerintah DKI Jakarta menyediakan cold storage untuk menyimpan bawang dan kebutuhan pangan lain.

Tag : pertanian
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top