Apple Juru Selamat Toshiba?

Apple tengah mencari opsi terbaik untuk membantu permasalahan finansial Toshiba lewat pembelian unit bisnis semikonduktor Toshiba.
Demis Rizky Gosta | 15 April 2017 12:07 WIB
Apple - pixabay

Bisnis.com, Jakarta — Apple Inc. mempertimbangkan berinvestasi di unit bisnis semikonduktor Toshiba. Suntikan dana dari Apple bisa menyelamatkan produsen elektronik Jepang tersebut dari kesulitan finansial.

Bloomberg kemarin malam (14/4/2017) melaporkan Apple tengah mencari opsi terbaik untuk membantu Toshiba lewat pembelian unit bisnis semikonduktor Toshiba.

Opsi yang dipertimbangkan Apple termasuk menjalin kemitraan dengan Hon Hai Precision Industry Co. asal Taiwan dan investor lain asal Jepang. SoftBank Group Corp, menurut Bloomberg, adalah perusahaan Jepang yang berpotensi bekerja sama dengan Hon Hai dan Apple.

Langkah Apple memperkuat peluang Toshiba untuk bangkit dari jerat finansial akibat kerugian miliar dolar AS yang dibukukan oleh Westinghouse. 

Westinghouse adalah anak usaha Toshiba yang bergerak di bisnis pembangunan pembangkitan listrik tenaga nuklir. Toshiba membutuhkan dana segar untuk menutup lubang kerugian di neraca keuangan mereka. 

Hon Hai merupakan satu-satunya perusahaan yang secara resmi mengajukan penawaran pembelian bisnis semikonduktor Toshiba. Namun, proses akusisi tunggal oleh Hon Hai berpotensi besar harus menghadapi penolakan dari pemerintah Jepang dan Amerika Serikat.

Penawaran atas unit produksi chip Toshiba dikabarkan mencapai 3 triliun yen atau sekitar Rp366 triliun. Perusahaan lain yang dikabarkan telah mengajukan penawaran pembelian adalah SK Hynix asal Korea Selatan dan Broadcom Ltd dari AS.

Bisnis utama dari unit semikonduktor Toshiba adalah chip memori yang dikenal dengan nama flash memory. Produk tersebut membuat Toshiba memiliki posisi sentral dalam peralihan komputer dari hard drive, terutama produk smartphone dan tablet yang menjadi andalan utama Apple.

Tag : apple, toshiba
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top