Kilang Balikpapan Beroperasi Kembali

PT Pertamina (Persero) berhasil melaksanakan perawatan atau turn around Kilang Balikpapan II sesuai jadwal “on to on” berdurasi 42 hari yang dimulai sejak 6 Maret 2017 sampai dengan 16 April 2017. Kliang ini dinyatakan siap beroperasi kembali.
Gemal AN Panggabean | 17 April 2017 19:36 WIB
Kilang minyak di Lapangan Banyu Urip Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016). - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berhasil melaksanakan perawatan atau turn around Kilang Balikpapan II sesuai jadwal “on to on” berdurasi 42 hari yang dimulai sejak 6 Maret 2017 sampai dengan 16 April 2017. Kliang ini dinyatakan siap beroperasi kembali.

GM Pertamina Refinery Unit V Yulian Dekri mengatakan operasi kilang mulai dilaksanakan bertahap sejak 3 April 2017 sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku.

Perawatan kilang secara menyeluruh bertujuan untuk menjaga performa produksi minyak ke depan dan dilaksanakan secara berkala setiap 3 sampai 4 tahun.

“Komitmen kami dalam turn around ini adalah untuk melaksanakannya sesuai target turn around excellent, yaitu tidak ada accident [tidak ada fatality, tidak ada kebakaran dan tidak ada pencemaran lingkungan], kualitas mutu terbaik, tepat waktu, dan tepat biaya" katanya, Senin (17/4).

Kegiatan turn around dilakukan dengan konsisten pada HSSE Golden Rules untuk menjamin aspek keselamatan, kesehatan kerja dan lindungan lingkungan. Perawatan Kilang Balikpapan II melibatkan sekitar 3500 tenaga kerja sebagai upaya pelibatan tenaga kerja lokal di Balikpapan dan sekitarnya dan dilaksanakan 24 jam.

Untuk mengawali pelaksanaan Turn Around  dilaksanakan Grand Safety Talk bagi seluruh Tenaga Kerja yang terlibat dipimpin langsung oleh General Manager Pertamina RU V, Yulian Dekri. Dalam Grand Safety Talk tersebut kembali dipaparkan secara jelas mengenai aspek keselamatan yang Wajib ditaati oleh setiap tenaga kerja yang terlibat dalam pekerjaan didalam Area Kilang.

Selain itu setiap memulai pekerjaan setiap hari dilakukan Tool Box Meeting untuk meyakinkan pekerja yang terlibat paham apa yang akan dilakukan , potensi bahaya serta mitigasinya dan setiap minggu dilakukan Grand ToolBox Meeting dan Safety Talk yang dipimpin oleh GM RU V. 

Selama turn around berlangsung juga dilakukan monitoring HSSE selain progress pekerjaan oleh tim management secara rutin untuk memastikan kegiatan dilakukan dengan aman.

Kilang Balikpapan memiliki kapasitas total sebesar 260.000 barel per hari, terdiri dari 2 unit yaitu Kilang Balikpapan I dengan kapasitas produksi 60.000 barel per hari dan Kilang Balikpapan II dengan kapasitas produksi 200.000 barel per hari. 

Kilang Balikpapan memproduksi berbagai jenis bahan bakar seperti Premium, Pertalite, Pertamax, Solar, LPG, Avtur, Pertamina Dex dan berbagai produk lainnya. Kilang Balikpapan menyuplai sekitar 26% BBM di Indonesia dan merupakan kilang terbesar kedua di Indonesia setelah Kilang Cilacap. 

Tag : pertamina
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top