Pelindo III Kirim Semen ke Indonesia Timur

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III bekerjasama dengan PT Pelni dan Bulog melakukan pengiriman semen sebagai langkah awal untuk menjalankan program Rumah Kita.
Puput Ady Sukarno | 20 April 2017 23:45 WIB
Penjualan semen PT Indocement Tunggal Prakarsa. - Bloomberg News/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III bekerjasama dengan PT Pelni dan Bulog melakukan pengiriman semen sebagai langkah awal untuk menjalankan program Rumah Kita.

Pengiriman bahan baku bangunan itu dikirimkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak ke tiga pelabuhan tujuan yaitu Pelabuhan Kupang, Waingapu dan Rote.

Sedikitnya tiga petikemas ukuran 20 feet yang berisi penuh muatan semen diberangkatkan pada Selasa (18/4) dari Terminal Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak.

Dirut Pelindo III, Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa Rumah Kita diinisiasi untuk meminimalisir disparitas harga di wilayah Indonesia Timur, untuk itu Rumah Kita ini dijadikan sebagai tempat perdagangan dan penyimpanan barang-barang pokok yang dibutuhkan masyarakat.

“Selain itu juga untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi pangan nasional dengan mendekatkan produsen ke konsumen dengan melibatkan masyarakat secara aktif,” ujarnya seperti siaran resmi yang diterima Bisnis, Kamis (20/4/2017).

Untuk kesuksesan program Rumah Kita, tiga BUMN yang terkait mempunyai fungsi dan tugas masing-masing diantaranya Pelindo III akan menyediakan dan menyiapkan tempat perdagangan dan tempat penyimpanan untuk bahan kebutuhan pokok.

Lalu, menyiapkan rencana lokasi pelabuhan, gudang, fasilitas dan peralatan serta pelayanan jasa kepelabuhanan.

Sementara itu, Bulog akan menyiapkan kebutuhan pokok untuk memenuhi komoditas yang diperlukan masyarakat di gudang/tempat penyimpanan, dan melakukan pendistribusian bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat.

Sedangkan Pelni, ujarnya, akan menyelenggarakan angkutan kapal tol laut guna pendistribusian bahan kebutuhan pokok, serta menjamin slot ketersediaan ruang di angkutan kapal tol laut untuk barang Bulog yang sudah terjadwalkan untuk pengiriman.

Dan juga membayar jasa kepelabunanan dan jasa terkait kepelabuhanan kepada Pelindo III dalam penyelenggaraan angkutan kapal tol sesuai dengan tarif yang berlaku.

Vice President Corporate Communication Pelindo III, Widyaswendra menambahkan, kapal pengangkut semen untuk program Rumah Kita tersebut sandar di dermaga multipurpose Pelabuhan Tenau Kupang.

“Alat angkat B/M seperti crane juga sudah disiapkan,” jelasnya.

Dari Pelabuhan Kupang, selanjutnya kapal pengangkut petikemas yang berisi semen tersebut akan sandar di Pelabuhan Waingapu dan Rote.

"Pengiriman semen sejumlah 1500 sack tersebut dengan berat @ 40kg/sack rencananya akan dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp. 47.500,” pungkasnya.

Tag : pelindo iii
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top