Ekonomi Digital Pengaruhi Model Ketenagakerjaan

Tren ekonomi global saat ini tidak bisa dilepaskan dari globalisasi. Transformasi fundamental tersebut merubah lapangan kerja di berbagai struktur ekonomi
Nurhadi Pratomo | 26 April 2017 12:12 WIB
Ilustrasi. - .

Bisnis.com, JAKARTA — Tren ekonomi global saat ini tidak bisa dilepaskan dari globalisasi. Transformasi fundamental tersebut mengubah lapangan kerja di berbagai struktur ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Resident Representative Friedrich-Ebert-Stiftung (FES ) Indonesia Sergio Grassi dalam pembukaan seminar bertajuk Ekonomi Digital dan Implikasinya Terhadap Ketenagakerjaan”di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (26/4/17).

Sergio menegaskan tantangan perubahan model ketenagakerjaan tersebut harus disikapi dengan cepat.

“Perlu ada koordinasi antara pekerja, perusahaan, dan pemerintah selaku regulator,” ujar Sergio.

Dia menilai digitalisasi telah menuntut para pekerja dapat beradaptasi dengan cepat. Hal tersebut khususnya dalam menghadapi tantangan keterampilan yang perlu diperbarui.

Wakil Duta Besar Jerman Untuk Indonesia Hendrik Barkeling mengatakan digitalisasi telah menjadi perhatian serius dunia industri. Dia meminta kepada pemerintah agar memberi perhatian lebih kepada pengembangan keterampilan generasi muda.

“Kepercayaan perlu diberikan dari pemerintah dan perusahaan kepada pengembangan generasi muda,” jelas Hendrik.

Seminar tersebut akan diselenggarakan selama dua hari pada Rabu (26/7/14) dan Kamis (27/4/17). Kegiatan tersebut melibatkan unsur pemerintah seperti Kementerian Ketenagakerjaan, perusahaan, dan serikat pekerja.

Sebelumnya, kegiatan sejenis telah diselenggarakan pada Senin (17/4/17) dengan membahas isu seputar teknologi dan pekerjaan. Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan berharap lahir masukan dan kritik terkait langkah strategis yang harus dilakukan dalam menghadapi perubahan model ketenagakerjaan.

Tag : tenaga kerja, digital
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top