Mau Sukses Jadi Perajin Industri Kreatif, Ini Kunci Sukses dari Presiden Jokowi

Memiliki latar belakang sebagai pengusaha mebel, Presiden Joko Widodo membagikan pengalamannya kepada para perajin produk industri kreatif agar bisa sukses menggaet pembeli asing.
Rio Sandy Pradana | 26 April 2017 14:28 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) duduk di kursi goyang rotan produksi dalam negeri ketika mengunjungi pameran produk perdagangan di sela KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 Tahun 2017 di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (7/3). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA — Memiliki latar belakang sebagai pengusaha mebel, Presiden Joko Widodo membagikan pengalamannya kepada para perajin produk industri kreatif agar bisa sukses menggaet pembeli asing.

Kepala Negara mengaku pernah menjadi perajin dan mengikuti Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft). Namun, dirinya lupa tahun pelaksanaannya secara tepat dengan hanya menyebut pada 2000-an.

"Saya titip pesan kepada perajin industri kerajinan agar [produknya] on spec sesuai dengan spesifikasi pembeli, on budget sesuai dengan kemampuan pembeli, dan on time yaitu tepat waktu," kata Jokowi dalam pembukaan Inacraft, Rabu (26/4/2017).

Dia optimistis jika para perajin mampu memenuhi ketiga hal tersebut, pemasaran produk kerajinan dalam negeri akan meningkat. Di sisi lain, perlu adanya perbaikan kemasan semenarik mungkin untuk menambah minat pembeli.

Jokowi menuturkan perajin juga bisa memperbesar modal dengan memanfaatkan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) yang saat ini suku bunganya hanya 9%. Namun, sebelum mengajukan pinjaman diharapkan sudah membuat perhitungan yang matang.

Tag : jokowi
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top