Kemenko Maritim Targetkan Tol Pematang Tuntas Sebelum Lebaran

Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman menargetkan agar jalur tol Pemalang-Batang atau Tol Pematang di Jawa Tengah bisa diselesaikan sebelum Lebaran tahun ini agar bisa difungsikan oleh para pemudik.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 28 April 2017 20:42 WIB
Proyek jalan tol - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman menargetkan agar jalur tol Pemalang-Batang atau Tol Pematang di Jawa Tengah bisa diselesaikan sebelum Lebaran tahun ini agar bisa difungsikan oleh para pemudik.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin yang melakukan rapat koordinasi dan peninjauan di jalur tol tersebut mengatakan ada beberapa temuan yang menghambat proses penyelesaian jalur tol Pematang pada ruas Gringsing.

Dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (28/4/2017) dia akan memberikan laporan kepada Menko Maritim Luhut Pandjaitan untuk mengundang kementerian dan lembaga menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh PT Waskita Karya di Grinsing dapat segera terselesaikan.

Sebagai informasi pada arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2017 pemerintah memang sedang sedang menggenjot pengerjaan ruas Tol Pematang (Pemalang-Batang) dan Tol Batang-Semarang. Pemerintah menargetkan tahun ini masyarakat sudah dapat menggunakan akses tol diujung timur dan barat wilayah Pantura Jateng tersebut.

Pasalnya pengembangan jalur masih mengalami kendala pembebasan lahan. Hal ini membuat pemerintah khawatir para pemudik belum sepenuhnya dapat memanfaatkan jalur-jalur itu pada lebaran nanti.

Namun saat ini pemerintah berupaya untuk dapat membuat jalur fungsional pada ruas tol Batang-Semarang yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan. Padahal pemerintah menargetkan ruas tersebut rampung H-10 Lebaran.

Tag : tol batang semarang, arus mudik
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top