Pemerintah Tawarkan Proyek Infrastruktur Kepada China

Pemerintah Indonesia bersama 29 Kepala Negara atau Pemerintahan lainnya, pada Minggu 14 Mei 2017 mengikuti upacara Pembukaan One Belt and One Road Forum For International Cooperation di Cina National Convention Center, Beijing, RRT.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 16 Mei 2017 14:52 WIB
Proyek pembangunan Simpang Susun Semanggi, di Jakarta, Rabu (26/4). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia bersama 29 Kepala Negara atau Pemerintahan lainnya, pada Minggu 14 Mei 2017 mengikuti upacara Pembukaan One Belt and One Road Forum For International Cooperation di China National Convention Center, Beijing, RRT.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki program pembangunan yang antara lain dilakukan pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas.

"Dalam konteks ASEAN, telah ada pula ASEAN Connectivity 2025, seperti peluncuran layanan transportasi laut Roll-on/Roll-Off atau Ro-Ro antara Davao - General Santos - Bitung yang diresmikan bersama oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte," ucap Retno melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (16/5/2017).

Oleh sebab itu, Indonesia terbuka bagi kerjasama dengan pihak luar, termasuk dalam konteks inisiatif one belt and one road atau OBOR. Inisiatif ini juga dikenal sebagai jalur sutera perdagangan Cina dan negara Asia lainnya.

"Indonesia selalu menekankan bahwa kerjasama tersebut harus membawa kepentingan bagi rakyat dan memberikan kontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan perdamaian dunia," kata Retno.

Sementara itu, Asok Kumar, President Director PT Schenker Petrolog Utama mengatakan bahwa pihaknya siap dengan ASEAN Connectivity pada 2025. Pasalnya, dengan ASEAN Connectivity 2025 maka volume angkutan barang akan meningkat. Hal ini juga akan menambah kue jasa logistik di Indonesia.

“Saya rasa ASEAN Connectivity ini baik untuk industri ya, dan menambah volume, oleh sebab itu kami siap terlibat dan mensupport persiapan pemerintah menyambut hal ini,” ungkap Asok.

Tag : proyek infrastruktur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top