RANSOMWARE WANNACRY : Ini Sebab Hacker Gunakan Bitcoin

Hacker di balik serangan ransomware global meminta pembayaran dengan Bitcoin. Apa sebenarnya mata uang Bitcoin?
Newswire | 17 Mei 2017 12:53 WIB
Mata uang virtual Bitcoin - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Hacker di balik serangan ransomware global meminta pembayaran dengan Bitcoin. Apa sebenarnya mata uang Bitcoin?

Berikut rangkuman penjelasan mengenai mata uang digital tersebut, dilansir dari laman New York Times.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah token digital yang dapat dikirim secara elektronik dari satu pengguna ke pengguna lain, di manapun di dunia.

Bitcoin juga merupakan nama dari jaringan pembayaran di mana token digital Bitcoin bergerak.

Beberapa orang membedakan antara Bitcoin dengan huruf kapital di depan sebagai token, sementara bitcoin dengan huruf kecil sebagai jaringan.

Tidak seperti jaringan pembayaran tradisional, seperti Visa atau American Express, tidak ada satu perusahaan atau orang uang menjalankan jaringan Bitcoin tersebut.

Sebaliknya, bitcoin adalah sebuah desentralisasi jaringan komputer di seluruh dunia yang menjaga jalur semua transaksi Bitcoin, mirip dengan desentralisasi jaringan server yang membuat internet bekerja.

Karena tidak ada jaringan pusat yang menjalankan Bitcoin, tak seorangpun memiliki kewenangan untuk memaksa pengguna baru mengungkap identitas mereka.

Jaringan tersebut didesain dengan cara demikian untuk membuat sebuah mata uang dan sebuah jaringan finansial di luar kontrol dari pemerintah mana saja atau sebuah perusahaan.

Komputer yang bergabung dalam jaringan dan jalur transaksi Bitcoin akan melakukan mendapat koin baru yang dilepas ke jaringan setiap 10 menit. Koin akan diberikan kepada komputer yang melacak transaksi dan menjaga jaringan tersebut.

Sumber : Antara

Tag : ransomware
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top