PLN akan Tuntaskan Listrik di Pulau Bawean, Gresik

PT PLN (Persero) menargetkan menuntaskan aliran listrik untuk 11 dusun di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, yang belum teraliri listrik.
Gemal AN Panggabean | 19 Mei 2017 23:26 WIB
Pekerja memerbaiki jaringan listrik PLN. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menargetkan menuntaskan aliran listrik untuk 11 dusun di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, yang belum teraliri listrik.

Pulau Bawean yang terletak di Kabupaten Gresik mendapatkan pasokan listrik dari berbagai sumber seperti pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) dan tenaga diesel (PLTD) dengan kapasitas 8 Megawatt (MW).

"Masih ada 11 dusun yang belum teraliri listrik. Kami targetkan pada 2019, seluruh atau 100 persen dusun-dusun di Pulau Bawean tersebut teraliri (listrik)," ujar General Manager PLN Distribusi Jawa Timur Dwi Kusnanto, Jumat (19/5).

Pulau Bawean memiliki luas wilayah 197,42 kilometer persegi (km2) dan terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangkapura dan Tambak dan terdiri dari 30 desa. Saat ini, jumlah pelanggan listrik di Pulau Bawean sebanyak 17.843 pelanggan.

Listrik di Pulau Bawean didukung oleh 86 gardu dengan daya tersambung 12.696 kilo Volt Ampere (kVA). Sedangkan beban puncaknya mencapai 4,8 MW.

Peta jaringan listrik PLN di Pulau Bawean terlihat mengelilingi daerah pesisir pantai. Sedangkan permukiman pendudukan di daerah tengah masih belum terjangkau sepenuhnya.

"Kenapa masih belum teraliri listrik, karena memang kondisi geografis di bagian tengah Pulau Bawean ini perbukitan. PLN tetap membangun jaringan untuk menerangi pelanggan di bagian dalam," jelas Dwi.

Tag : pln
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top