Ini Tips dari Kemenkop Agar Usaha Semakin Berkembang

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memotivasi para pelaku usaha kecil untuk terus memiliki jiwa kewirausahaan yaitu adanya suatu kreativitas dan Inovasi dalam menjalankan kegiatan usahanya.
MG Noviarizal Fernandez | 21 Mei 2017 17:12 WIB
Pekerja membuat kerajinan kostum robot tokoh Bumblebee dalam film Transformers di rumah produksi Kurnia Robot, Kadipurwo, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/4). - Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memotivasi para pelaku usaha kecil untuk terus memiliki jiwa kewirausahaan yaitu adanya suatu kreativitas dan Inovasi dalam menjalankan kegiatan usahanya. Dengan kreativitas dan inovasi diyakini dapat mewujudkan kemandirian perekonomian nasional.

"Jika tidak kreatif dan inovatif, usaha yang dijalankan akan susah berkembang," ungkap Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop UKM, Prakoso BS melalui siaran pers, Minggu (21/5/2017).

Dia menyampaikan bahwa pihaknya secara khusus mentargetkan melatih koperasi dan UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi tentang koperasi dan juga tentang kewirausahaan.

"Kami ingin meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM Koperasi dan UMKM serta mengembangkan atau mereplikasi jiwa dan mensinergikan semangat kewirausahaan bagi Koperasi dan UMKM," kata Prakoso.

Untuk itu, Kemenkop UKM mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas SDM bagi KUMKM di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis 18-21 Mei 2017. Acara ini melibatkan 320 peserta yang berasal dari pelaku koperasi dan UMKM di wilayah tersebut.

Pelatihan peningkatan kapasitas SDM bagi KUMKM kali ini terdiri dari 7 (tujuh) jenis peltihan yaitu: pelatihan manajemen SDM KUKM berbasis kompetensi bagi pengelola koperasi, dan pelatihan bagi pengelola LKM berbasis kompetensi.

Selain itu, kegiatan pelatihan akutansi koperasi dan penyusunan laporan keuangan, pelatihan pewirausahaan melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) bagi nelayan, pelatihan technopreneur bagi anggota koperasi, serta pemasyarakatan kewirausahaan.

Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM Christina Agustin mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan dapat mengubah mindset masyarakat dari pencari kerja menjadi pencipta pekerjaan, serta meningkatkan minat dan peran serta masyarakat dalam berkoperasi dan berwirausaha.

Tag : umkm
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top