Perusahaan E-Commerce Barang Refurbish Jajaki Pasar Indonesia

Perkembangan dunia e-commerce di Indonesia yang semakin pesat dan persaingan harga maupun produk yang ditawarkan menjadi salah satu yang terpenting bagi para pemain bisnis online.\n\n
Wike Dita Herlinda | 23 Mei 2017 01:35 WIB
Belanja online - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Perkembangan dunia e-commerce di Indonesia yang semakin pesat memicu persaingan harga maupun produk yang ditawarkan menjadi salah satu yang terpenting bagi para pemain bisnis online.

Kukuruyuk.com hadir dengan menawarkan produk refurbish dari barang elektronik dan rumah tangga. Perusahaan tersebut diklaim sebagai satu-satunya pemain startup yang belum memiliki kompetitor dari bisnis sejenis.

Pengertian produk refurbish sendiri yaitu barang-barang display atau barang yang dikembalikan oleh pembeli maupun stok barang lama, tetapi belum terjual hingga sekarang. Barang tersebut nantinya akan direkondisikan yang kemudian dijual kembali.

Dengan banyaknya produsen barang elektronik dan rumah tangga yang kesulitan dalam menjual kembali barang refurbish-nya, kehadiran Kukuruyuk.com dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Tidak hanya memberikan solusi untuk para produsen, tetapi konsumen dengan daya beli rendah juga tetap dapat membeli produk yang mereka inginkan dengan kualitas yang baik.

Data dari negara besar seperti Amerika saja menunjukkan bahwa sebanyak 11%-20% barang elektonik yang telah terjual, dikembalikan lagi oleh pembelinya dan sebanyak 95% unit yang dikembalikan tersebut masih dapat digunakan kembali sesuai fungsinya dengan cukup baik.

Rata-rata nilai jual barang elektronik refurbish tersebut mencapai 35%-75% dari harga awal disesuaikan dengan kondisi barang. Oleh sebab itu, Kukuruyuk.com menawarkan harga yang cukup beragam dari setiap produk.

Demi kepuasan pelanggan, Kukuruyuk.com berfokus pada penjualan produk-produk yang telah lulus uji kualitas.

Barang yang didapat dari penyuplai, distributor, dan retail ini telah lulus dari quality control dan akan diukur kualitas produknya sebagai tolak ukur harga jual, yang kemudian di kategorikan menjadi Grade A, Grade B, Grade C hingga Grade D.

Barang kategori Grade A merupakan kualitas yang paling baik atau biasanya dalam kondisi baru, sedangkan untuk Grade D merupakan Grade terendah dengan harga termurah namun tidak mengurangi fungsi produk.

Tidak hanya sistem grading, Kukuruyuk.com juga memberikan garansi selama 3 bulan pertama dimana konsumen dapat menukarkan produk di 10 hari pertama sejak pembelian produk.

Melihat animo masyarakat terhadap persepsi barang refurbish yang semakin positif di Indonesia, Kukuruyuk.com yakin dapat terus berkembang, hal ini dibuktikan dari kenaikan jumlah transaksi penjualan hingga 30% pertahunnya diikuti dengan pertumbuhan perusahan yang mencapai 18%.

“Saat ini Kukuruyuk.com sedang menggarap sistem yang akan mempermudah para supplier untuk menjual barang mereka. Mereka hanya perlu meng-upload foto barang yang mereka jual ke website Kukuruyuk.com,” kata Managing Director Kukuruyuk.com Stenly Stefano dalam siaran pers, Senin (22/5/2017).

Tag : e-commerce
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top