5 Faktor Ini Dukung Ekosistem Digital Startup Indonesia

Plug and Play Indonesia mengungkapkan terdapat lima faktor yang dapat mendukung ekosistem digital bagi startup berkembang di Indonesia.
Agne Yasa | 15 September 2017 22:55 WIB
Startup - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Plug and Play Indonesia mengungkapkan terdapat lima faktor yang dapat mendukung ekosistem digital bagi startup berkembang di Indonesia.

Community Manager Plug and Play Indonesia Jessica Marthin mengatakan Plug and Play sebagai platform inovasi dan akselerator startup membantu startup dan entrepreneur dengan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan kesempatannya menjadi sukses.

"Lima hal penting dalam mendukung ekosistem untuk startup yaitu investment, mentorship, logistical support, networking, dan corporate innovation, " Jessica dalam acara bertajuk How Fintech Support Indonesian SME's, di Jakarta, Jumat (15/9/2017.

Dia mengatakan kelima faktor ini penting bagi ekosistem digital startup untuk dapat berkembang.

"Investasi memang penting tetapi faktor lainnya juga tidak kalah penting untuk startup," katanya.

Dia menambahkan bisnis rintisan juga membutuhkan mentorship untuk membekalinya dengan berbagai pengetahuan dan keahlian.

Dukungan logistik seperti keberadaan kantor, pusat data juga memiliki peranan.

Selain itu, untuk dapat berkembang, startup juga membutuhkan jejaring atau akses kepada pihak potensial. Kemudian, di sisi inovasi korporasi karena perlu adanya keterkaitan pasar dengan inovasi yang startup lakukan.

"PNP menjembatani itu," ujarnya.

PNP Indonesia baru saja meluluskan sembilan startup dalam program akselerator batch 1.

Pada program ini, selain pendanaan sebesar US$50.000, para startup juga mendapatkan mentorship, workshop, bertemu dengan para stakeholder ekonomi digital.

Jessica mengungkapkan saat ini PNP Indonesia juga tengah membuka pendaftaran untuk program batch kedua dengan masih memfokuskan pada startup Fintech dan mobile.

"Plug and Play akan berinvestasi pada 16 hingga 20 startup per tahun lewat dua gelombang program akselerator di Jakarta," katanya.

Tag : StartUp
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top