Video Jerapah Putih di Hutan Kenya

Dua ekor jerapah putih tertangkap kamera di Kenya. Induk dan anak jerapah berkulit putih pucat tersebut dipotret di area kawasan lindung Ishaqbini.
Demis Rizky Gosta | 18 September 2017 13:28 WIB
Jerapah putih di Kenya

Bisnis.com, JAKARTA — Dua ekor jerapah putih tertangkap kamera di Kenya. Induk dan anak jerapah berkulit putih pucat tersebut dipotret di area kawasan lindung Ishaqbini.

Tulisan dalam blog milik organisasi non-pemerintah, Hirola Conservation Programme (HCP), menceritakan temuan dua ekor jerapah putih di Kenya.

HCP mendapatkan laporan soal jerapah putih dari penjaga hutan, yang mendengar kabar dari penduduk salah satu desa di pinggir kawasan lindung Ishaqbini, pada Juni 2017.

Staf HCP kemudian bergegas menuju lokasi penampakan dan merekam sendiri hewan langka tersebut. Kedua ekor jerapah yang tertangkap kamera, menurut blog HCP, tetap tenang saat didekati rombongan manusia.

Sang induk, melangkah bolak-balik tetap di depan para staf HCP sambil memberikan sinyal kepada anaknya untuk bersembunyi di belakang semak. Ini adalah perilaku wajar hewan di kehidupan liar untuk mencegah hewan berusia muda dimangsa.

Penampakan jerapah putih yang juga disebut sebagai jerapah leucistic semakin sering terjadi. Dua penampakan sebelumnya terjadi di Kenya dan Tanzania. Laporan pertama soal jerapah putih di kehidupan liar datang dari Tarangire National Park di Tanzania pada Januari 2016. Penampakan kedua terjadi pada Maret 2016 di Kenya.

 

Para ahli, memperkirakan kulit putih jerapah muncul karena kekurangan pigmen.  Abdullahi Ali, pendiri HCP, berharap penampakan jerapah putih menyulut semangat penduduk di kawasan sekitar untuk melindungi hewan liar.

“Saya yakin kemunculan jerapah putih bisa mengubah persepsi dunia mengenai wilayah bagian tenggara di Kenya, yang saat ini negatif. Alam selalu bisa membuat manusia takjub dan terkejut.”

Tag : hewan langka
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top