Genjot Investasi Asing, Kemenhub Tawarkan Proyek di 8 Lokasi

Pemerintah bakal menawarkan sejumlah proyek di delapan lokasi kepada investor asing dalam pertemuan tingkat mentera Asia Europe Meeting/ASEM Transport Ministers Meeting di Bali 26-28 September 2017 mendatang.
Rivki Maulana | 18 September 2017 17:55 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah bakal menawarkan sejumlah proyek di delapan lokasi kepada investor asing dalam pertemuan tingkat mentera Asia Europe Meeting/ASEM Transport Ministers Meeting di Bali 26-28 September 2017 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan Kemenhub bakal bersinergi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) guna menarik investasi asing di proyek-proyek transporasi. "Sesuai arahan Presiden, setiap ada event internasional kita pakai untuk menawarkan potensi-potensi kita,"jelasnya di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Dia menerangkan, dalam Asia Europe Meeting/ASEM Transport Ministers Meeting 2017, Kemenhub bakal melakukan pertemuan satu per satu dengan para menteri perhubungan yang hadir dari 18 negara. Untuk itu, beberapa proyek di Kuala Namu, Kuala Tanjung, dan Tanjung Priok bakal ditawarkan ke investor.

Selain itu, proyek di Mandalika, Bitung, Balikpapan, Makassar, dan Lembar juga berpotensi untuk dijajaki para investor. Budi Karya menuturkan, selama ini para pemilik proyek seperti badan usaha milik negara melakukan penjajakan sendiri. Koordinasi dengan BKPM dan juga Pusat Kerja Sama Pemerintah dan Swasta (Public Private Partnership Center) diharapkan membuat proyek-proyek potensial mendapat investor lebih cepat.

Menurut Budi Karya, dari hasil pertemuan dengan pimpinan delegasi dari 18 negara, pemerintah bakal mengetahui proyek mana saja yang bakal diminati oleh investor. Untuk diketahui, realisasii penanaman modal asing atau foreign direct investment (FDI) di sektor transportasi mencatat tren negatif dalam paruh pertama 2017. Sepanjang 2016, realisasi investasi di sektor transportasi bahkan turun 38%.

Berdasarkan data BKPM, realisasi FDI di sektor transportasi mencapai US$1,35 miliar dalam periode Januari-Juni 2017. Jumlah itu terdiri dari US$416,1 juta investasi di sektor transportasi, pergudangan, dan telekomunikasi. Sementara itu sisanya berasal dari investasi di alat angkutan transportasi.

Tag : investasi, kemenhub
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top